ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PROGRAM KEAHLIAN BANGUNAN

Nurul Lailatul Badriyah, AG Thamrin, Aryanti Nurhidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan instrumen penilaian
yang diterapkan oleh guru pada mata pelajaran produktif gambar teknik kelas X jurusan
Desain Permodelan dan Informasi Bangunan. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X DPIB di SMK N 2 Surakarta yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X DPIB A, X
DPIB B dan siswa kelas X DPIB di SMK Ganesha Tama Boyolali, dengan teknik
pengambilan sampel metode NonProbability Sampling dengan jenis Purposive Sampling.
Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Teknik Pengumpulan data yang digunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan analisis deskriptif data. Hasil penelitian ini adalah:
instrumen penilaian yang digunakan guru dalam mata pelajaran produktif gambar teknik di
SMK N 2 Surakarta dan SMK Ganesha Tama layak digunakan. Sedangkan instrumen di
SMK N 2 Surakarta dilihat dari hasil analisis kesesuaian dengan standar penilaian BNSP
secara keseluruhan dengan rata-rata nilai 75%, respon siswa dengan rata-rata nilai 79.6%
masuk kategori layak, dan nilai rata-rata hasil belajar siswa ranah pengetahuan sebesar
85.35, ranah keterampilan sebesar 88.43, ranah sikap sebesar 87.11 masuk kategori hasil
belajar yang baik. Untuk instrumen di SMK Ganesha Tama Boyolali hasil analisis
kesesuaian dengan standar BNSP rata-rata nilai sebesar 66%, respon siswa secara
keseluruhan rata-rata nilai sebesar 66% masuk kategori layak dan untuk nilai rata-rata hasil
belajar siswa SMK Ganesha Tama pada ranah pengetahuan sebesar 80.83, nilai rata-rata
pada ranah keterampilan 81.29, dan pada ranah sikap sebesar 86.66 yang dimana nilai ratarata setiap ranah belajar siswa masuk kategori hasil belajar yang baik.


Keywords


Kelayakan Instrumen Penilaian, Respon Siswa, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v4i2.27780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.