ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PADU PADAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHAN BANGUNAN KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK X TAHUN AJARAN 2015/2016.

Silviana Putri Nurllinda Sari, Anis Rahmawati, Aryanti Nur Hidayati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dan untuk mengetahui hasil belajar bahan bangunan setelah dilakukan penerapan pembelajaran dengan padu padan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), Think Pair Share (TPS), dan Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X TGB SMK X tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Sumber data berasal dari pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes peserta didik.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa, (1) penggunaan model pembelajaran padu padan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran yang awalnya pada pra siklus siswa hanya ramai dengan teman sebangkunya, perlahan siswa memperhatikan guru dalam menjelaskan materi, siswa lebih berani dalam mengemukakan pendapatnya dalam pembelajaran dan diskusi kelompok. (2)penggunaan model pembelajaran padu padan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, persentase ketuntasan pra siklus 21,8%, pada siklus I 62,5%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82,3%, (3) Ranah afektif pada pra siklus, siswa yang mendapat predikat baik (B) sebanyak 8 siswa pada siklus I meningkat menjadi 16 siswa, pada siklus II mengalami peningkatan 21 siswa dan 9 siswa berpredikat sangat baik (SB), (4) Ranah Psikomotorik juga mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus persentase ketuntasan siswa sebesar 37,5% pada
siklus I sebesar 62,8% dan pada siklus II menjadi 88,2%.


Keywords


Model Pembelajaran Padu Padan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v2i2.22774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.