“PENGARUH PENGGUNAAN TERAK dan FLY ASH SEBAGAI BAHAN TAMBAH TERHADAP KUAT TEKAN PAVING BLOCK SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR MATERI MATA KULIAH TEKNOLOGI BETON PTB FKIP UNS”

Rudy Wibisono, Anis Rahmawati, Ida Nugroho Saputro

Abstract


Penelitian  mengenai paving  block bertujuan  untuk  mengetahui ketebalan  minimum paving  block dengan  bahan  tambah  terak  dan fly  ash jika ditinjau  terhadap  kuat  tekannya  berdasarkan  SNI  03-0691-1996.  Penelitian  ini, membuat 7 variasi ketebalan dengan 2 variasi penambahan fly ash yang  proporsi campuran  pertama  1  pc  :  6  ps  :  3t, fly  ash 5%  dengan  variasi  ketebalan  7  cm,  6 cm, 5 cm, 4 cm, 3 cm dan 2 cm  serta perbandingan proporsi yang ke dua adalah 1  pc : 6 ps : 3t, fly ash 10% dengan variasi ketebalan 7 cm, 6 cm, 5 cm, 4 cm, 3 cm dan 2 cm . Pada penelitian ini menggunakan faktor air semen mendekati 0,5. Semen yang digunakan dalam penelitian ini adalah semen portland tipe I dengan benda uji dites dalam umur 28 hari.

Ketebalan minimum paving block terdapat pada ketebalan 5 cm dengan penggunaan fly ash 10% yang menghasilkan kuat tekan rata – rata 9,861 MPa dimana pada ketebalan ini termasuk paving block mutu kelas D dengan tujuan penggunaanya adalah penggunaan pada taman.


Keywords


paving block, terak, fly ash, Ketebalan minimum paving block, Bahan Ajar paving block

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v2i2.22572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.