PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN BANTUAN INQUIRY BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X SMK NEGERI 1 GENENG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Peningkatan prestasi siswa mata pelajaran Konstruksi Bangunan kelas X TGB 1 SMK Negeri 1 Geneng;
(2) Efektifitas inquiry based learning untuk meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X TGB 1 yang berjumlah 33 siswa. Validitas data menggunakan isi dan konstruk sedangkan analisa data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan bantuan inquiry based learning dapat memperbaiki dan meningkatkan prestasi siswa ditinjau dari tahap prasiklus sampai tahap siklus II. Hasil pra siklus ranah afektif 6,06%, siklus 1 ranah afektif 36,36% dan pada siklus 2 sebesar 84,85%. Hasil pra siklus ranah psikomotor 3,03%, siklus 1 48,48% dan pada siklus 2 sebesar 87,88%. Hasil pra siklus ranah kognitif 33,33%, siklus 1 60,61% dan pada siklus 2 sebesar 75,76%. Ketuntasan prestasi siswa siklus 1 sebesar 24,24% dan siklus 2 sebesar 75,75%. Hal ini menunjukkan
bahwa terjadi peningkatan prestasi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v2i1.22570
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.