DESAIN MODUL PENGAYAAN PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BETON BERTULANG SESUAI DENGAN SNI BETON UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN NILAI TIGA RANAH BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 2 SURAKARTA DENGAN MODEL INQUIRY LEARNING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan keaktifan dan nilai pada tiga ranah belajar dengan penerapan modul pengayaan dengan model pembelajaran Inquiry Learning pada mata pelajaran Konstruksi Beton Bertulang siswa kelas XI Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 2 Surakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Konsentrasi Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 2 Surakarta, dalam satu kelas yang terdiri dari 31 siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, teknik tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah nilai ranah kognitif rata-rata 79,77 dengan ketuntasan 90,32%. Hasil nilai ranah afektif didapatkan nilai rata-rata 81,05 dengan ketuntasan 80,65%. Sedangkan nilai ranah psikomotorik didapatkan rata-rata 80,09 dengan ketuntasan 84%. Siswa yang aktif 87,10% dan siswa yang belum aktif sebesar 12,90%. Kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran dengan modul pengayaan dengan model pembelajaran Inquiry Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Konstruksi Beton Bertulang siswa kelas XI Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 2 Surakarta.
Keywords
modul pengayaan, keaktifan, ranah belajar, inquiry learning
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v4i1.22548
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.