DESAIN MODUL PENGAYAAN PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BETON BERTULANG SESUAI DENGAN SNI BETON UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN NILAI TIGA RANAH BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 2 SURAKARTA DENGAN MODEL INQUIRY LEARNING

Razan Ihtifazhuddan, Ernawati Sri Sunarsih, Su trisno

Abstract


Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  ada  atau  tidaknya peningkatan keaktifan  dan nilai  pada  tiga  ranah  belajar  dengan  penerapan modul pengayaan  dengan  model  pembelajaran Inquiry  Learning pada  mata  pelajaran Konstruksi  Beton  Bertulang  siswa  kelas  XI  Teknik  Konstruksi  Batu  Beton  SMK Negeri  2  Surakarta. Subjek  penelitian  adalah siswa  kelas  XI  Konsentrasi  Teknik Konstruksi  Batu  Beton  SMK  Negeri  2  Surakarta, dalam  satu  kelas  yang  terdiri dari  31 siswa. Penelitian  ini  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas.  Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, teknik tes, dokumentasi, dan  wawancara. Teknik analisis  data  dilakukan  secara  deskriptif  kualitatif, alur yang  dilalui  meliputi  reduksi  data,  penyajian  data  dan  penarikan  kesimpulan. Hasil  penelitian  ini  adalah  nilai  ranah  kognitif  rata-rata  79,77  dengan  ketuntasan 90,32%.  Hasil  nilai  ranah  afektif  didapatkan  nilai  rata-rata  81,05  dengan ketuntasan  80,65%.  Sedangkan  nilai  ranah  psikomotorik  didapatkan  rata-rata 80,09  dengan  ketuntasan  84%.  Siswa  yang  aktif 87,10% dan  siswa  yang  belum aktif sebesar 12,90%. Kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran dengan modul pengayaan  dengan  model  pembelajaran Inquiry  Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Konstruksi Beton Bertulang siswa kelas XI Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 2 Surakarta.

Keywords


modul pengayaan, keaktifan, ranah belajar, inquiry learning

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v4i1.22548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.