PERBANDINGAN CAPAIAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA 4 (EMPAT) KATEGORI MATA PELAJARAN PRODUKTIF
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan capaian hasil belajar ranah kognitif siswa pada penerapan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada kategori mata pelajaran hitungan (mekanika teknik), kategori mata pelajaran teori (konstruksi bangunan), praktek (ukur tanah)dan gambar (gambar teknik) dan mengetahui capaian hasil belajar kognitif siswa yang paling tinggi pada penerapan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining diantara empat kategori mata pelajaran produktif di SMK teknik bangunan. Penelitian ini termasuk jenis kuantitatif yang digunakan untuk rancangan penelitian metode komparatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling
(Pengambilan sampel dengan sengaja), kelas X TGB B dipilih sebagai sampel. Teknik pengumpulan data digunakan tes dan dokumen sekolah. Uji hipotesis yang digunakan analisis variansi (anava). Kesimpulan dalam penelitian ini setelah dilakukan uji anava menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang tinggi pada capaian hasil belajar kognitif siswa pada penerapan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada kategori mata pelajaran hitungan (Mekanika Teknik), kategori mata pelajaran teori (Konstruksi Bangunan), praktek (Ukur Tanah) dan gambar (Gambar Teknik). Dapat diketahui juga pada kategori mata pelajaran produktif yang mendapat hasil belajar kognitif siswa yang paling baik pada penerapan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining yaitu pada kategori mata pelajaran hitungan (Mekanika Teknik) dengan melihat selisih capaian hasil belajar kognitif siswa saat pre-test dan post-test.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiyono. (2015). Pengantar Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: UPT UNS Press.
Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UPT UNS Press.
Efendi, Agus. (2011). Hand Out Mata Kuliah Statistik diBidang Pendidikan. Surakarta:Universitas Sebelas Maret.
Sims, R. and Demediuk, P. (1995). Student facilitators:Maximising the outcomes from tutorial casework, literature analysis and problem solving. Perth: Edith Cowan University.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
UPT FKIP UNS, (2016). Buku Pedoman Penulisan Skripsi FKIP Universitas Sebelas Maret Tahun 2016
DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v4i1.22542
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.