UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA MAKET PADA SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Mohtar Rindra Saputra, Chundakus Habsya, Aryanti Nurhidayati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK N 2 Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui penerapan pembelajaran menggunakan alat peraga maket. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Wonogiri yang berjumlah 29 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, aktivitas pembelajaran, dokumen lain yang diperlukan. Teknik pengumpulan data adalah dengan dokumentasi, test, observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik diskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukan prestasi belajar siswa: ranah kognitif pada pra siklus 20,68%, siklus I 62,07% dan siklus II 82,75%; ranah afektif pada pra siklus berpredikat Baik (B) 10 siswa, siklus I berpredikat Sangat Baik (SB) 3 siswa dan berpredikat Baik (B) 19 siswa, dan siklus II berpredikat Sangat Baik (SB) 6 siswa dan 23 siswa berpredikat Baik (B); ranah psikomotorik pada pra siklus 13,79%, siklus I 79,31% dan siklus II 89,65%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran menggunakan alat peraga maket dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI TGB SMK Negeri 2 Wonogiri pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan.
Kata kunci: alat peraga maket, prestasi belajar, gambar konstruksi bangunan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v2i2.17944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.