PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TIPE EXAMPLES NONEXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS XI TGB DI SMK NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Subeqi Nur Hikmah, Anis Rahmawati, Abdul Haris Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Kontekstual tipe Examples Non-Examples dalam meningkatkan hasil belajar (2) Mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Kontekstual tipe Examples
Non-Examples. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual tipe Examples Non- Examples. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, Subyek penelitian adalah siswa kelas XI TGB SMK Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Triangulasi data digunakan untuk menjaga validasi data, sedangkan untuk teknik analisis data digunakan teknik analisis interaktif. Kesimpulan penelitian adalah: (1) Penerapan model pembelajaran Kontekstual tipe Examples Non-Examples dapat meningkatkan hasil belajar. (2) Adanya peningkatan efektivitas penerapan model pembelajaran Kontekstual tipe Examples Non-Examples.
Kata Kunci: Kontekstual

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v2i2.17938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.