PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014 – 2015

Dewi Ardiyawati, Anis Rahmawati, Rima Sri Agustin

Abstract


Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar dengan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match, (2) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik dengan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes dan tugas. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan analisis data secara analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Model pembelajaran kooperatif teknik  Make a Match dapat membuat siswa berperan aktif dalam proses belajar mengajar, (2) Prestasi Belajar siswa: Ranah Kognitif pada pra siklus 29,17%, Siklus I 66,67% dan Siklus II 83,33%; Ranah Afektif pada pra siklus berpredikat Baik (B) 8 siswa, Siklus I  berpredikat Sangat Baik (SB) 2 siswa dan berpredikat Baik (B) 12 siswa, dan Siklus II berpredikat Sangat Baik (SB) 5 siswa dan 19 siswa berpredikat Baik (B); Ranah Psikomotorik pada pra siklus 25,00%, Siklus I 62,50% dan Siklus II 83,33%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TSB SMK Negeri 5 Surakarta pada mata pelajaran Mekanika Teknik.

 

Kata Kunci: Make a Match, Prestasi Belajar, Mekanika Teknik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v2i2.17932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.