Interpretasi Struktur Bawah Permukaan Jalur Sesar Opak Berdasarkan Model Suseptibilitas dan Second Vertical Derivative dengan Metode Geomagnet

Desi Novi Dayana, Nugroho Budi Wibowo, Denny Darmawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur bawah permukaan jalur Sesar Opak berdasarkan model suseptibilitas dan SVD dengan metode geomagnet. Pengambilan data dilakukan menggunakan Proton Precession Magnetometer Geometric tipe G-856 dengan 77 titik pengukuran dan jarak antar titik pengukuran +2 km. Pengolahan data dilakukan melalui koreksi variasi harian, koreksi IGRF, SVD, dan reduksi ke kutub. Pemodelan dilakukan dengan menganalisis anomali medan magnet yang telah direduksi ke kutub. Hasil pemodelan solid model menunjukkan bahwa Formasi Semilir dengan nilai suseptibilitas (0 – 100) ×10-3, Formasi Merapi Muda dengan nilai suseptibilitas (0 – 2) ×10-3, dan Formasi Nglanggran dengan nilai suseptibilitas (0,6 – 70) ×10-3. Hasil pemodelan SVD dan solid model menunjukkan keberadaan Sesar Opak.

Keywords

metode geomagnet, Sesar Opak, SVD

Full Text:

PDF

References

Bock, Y., Prawirodirdjo., J.F Genrich., C.W Stevens., R. McCaffrey., Subarya., Puntodewo., Calais. 2003. Crustal Motion in Indonesia from Global Positioning System Measurements. Journal of Geophysical Research, Vol. 108, No. B8.

Andriyani, Gina., Sutomo Kahar., Moehammad Awaluddin., Irwan Meilano. 2012. Kajian Regangan Selat Bali Berdasarkan Data GNSS Kontinu Tahun 2009-2011. Jurnal Geodesi UNDIP, Vol. 1, No.1.

BMKG. 2017. Indonesia Rawan Gempa Bumi dan Tsunami. Diakses dari https://inatews.bmkg.go.id/new/about_inatews.php?urt=3 pada tanggal 21 Desember 2017.

Hamid, Ahmad Abu. 2007. Gempa Bumi Tektonik di Yogyakarta dan Sekitarnya serta Bencana Alam Lainnya. Makalah Pengabdian Pada Masyarakat (PPM).

Elnashai, Amr S., Sung Jig Kim., Gun Jin Yun., Djoni Sidarta. 2008. The Yogyakarta Earthquake of May 27,2006. University of Illinois at Urbana-Champaign.

Heningtyas. 2017. Interpretasi Struktur Bawah Permukaan Dengan Metode Geomagnet di Jalur Sesar Oyo. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dentith, Michael and Stephen T. Mudge. 2014. Cambridge University Press

Blakely, R.J. 1996. Potential Theory in Gravity and Magnetic Applications. Edinburgh: Cambridge University Press.

Telford, W.M., L.P Geldart., R.E Sheriff. 2004. Applied Geophysics Second Edition. Edinburgh: Cambridge University Press.

IAGI. 2017.3. Geologi Regional Pegunungan Selatan. Diakses dari http://sm-iagi.ft.ugm.ac.id/geologi-regional-pegunungan-selatan/ pada tanggal 21 Oktober 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.