Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Berbasis Web di Restoran Pawon Jinawi

Aldyan Gilang Primanda, Ika Nur Fajri

Abstract

Abstrak:

Pawon Jinawi merupakan sebuah usaha restoran yang bergerak dalam bidang penjualan makanan dan minuman. Restoran ini menyajikan berbagai menu rumahan khas Jawa. Namun, sistem pemesanan dan pengelolaan data di restoran ini masih dilakukan secara manual, yang menimbulkan masalah seperti lambatnya pelayanan dan risiko kehilangan catatan pesanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi berbasis web yang memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan  secara online. Sistem ini juga dirancang untuk membantu karyawan dalam pengelolaan data pesanan dan pembayaran secara lebih terstruktur. Metode pengembangan yang digunakan adalah waterfall, sebuah metode pengembangan perangkat lunak yang berjalan secara berurutan dan sistematis. Setiap tahap diselesaikan secara menyeluruh sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya, untuk tahapannya mencakup lima tahap Requirement, Design, Implementation, Verification, dan Maintenance. Pengujian sistem dilakukan menggunakan metode Black box. Hasil penelitian ini yaitu sebuah sistem informasi pemesanan berbasis web. Setelah implementasi sistem akan meningkatkan efisiensi operasional restoran, dengan waktu pemrosesan pesanan yang berkurang sebesar 45%, serta peningkatan kepuasan pelanggan dalam hal kecepatan dan kemudahan proses pemesanan. Penelitian ini didukung oleh beberapa penelitian terdahulu yang menunjukkan manfaat dari penerapan sistem informasi untuk pengelolaan pemesanan di restoran

==================================================

Abstract:

Pawon Jinawi is a restaurant business engaged in the sale of food and beverages. This restaurant serves a variety of Javanese home-style menus. However, the ordering system and data management in this restaurant are still done manually, which causes problems such as slow service and the risk of losing order records. This study aims to develop a web-based information system that makes it easier for customers to place orders online. This system is also designed to help employees manage order and payment data in a more structured way. The development method used is waterfall, a software development method that runs sequentially and systematically. Each stage is completed thoroughly before proceeding to the next stage, for the stages include five stages of Requirement, Design, Implementation, Verification, and Maintenance. System testing is carried out using the Black box method. The results of this study are a web-based ordering information system. After the implementation of the system will increase the operational efficiency of the restaurant, with order processing time reduced by 45%, as well as increased customer satisfaction in terms of speed and ease of the ordering process. This research is supported by several previous studies that show the benefits of implementing an information system for managing orders in restaurants

Keywords

Sistem Informasi, Restoran, Pemesanan online, Web, Waterfall

Full Text:

PDF

References

[1] S. S. Sari, E. Supriyanto, S. Eniyati, and T. Khristianto, “BANGUN SISTEM INFORMASI PEMESANAN MAKANAN BERBASIS WEB PADA OMAH MAKAN JAWA (OMJ) PURWODADI,” INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, vol. 7, no. 4, pp. 1275–1281, Jul. 2024, doi: 10.31539/intecoms.v7i4.11003.

[2] A. P. Nurda and Petrus Sianggian Purba, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RESERVASI & MAKANAN PADA RESTORAN MOJI GRILL & SUKI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE PENGEMBANGAN SCRUM,” Jurnal Publikasi Teknik Informatika, vol. 1, no. 3, pp. 42–61, Sep. 2022, doi: 10.55606/jupti.v1i3.607.

[3] N. K. Budiawan and K. Hantoro, “Sistem Pemesanan Makanan Berbasis Mobile dengan Metode First Come First Served (FCFS) di Restoran Dapur Hanhil Bekasi,” Journal of Students‘ Research in Computer Science, vol. 5, no. 1, pp. 15–26, May 2024, doi: 10.31599/zajm7g26.

[4] D. R. Marbun, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN MENU MAKANAN DI TWIN SEAFOOD & RESTO RANTAUPRAPAT BERBASIS WEB,” INFORMATIKA, vol. 9, no. 2, pp. 71–76, Sep. 2021, doi: 10.36987/informatika.v9i2.1950.

[5] Wahid, A. A. (N.D.). Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK Oktober (2020) Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi.

[6] R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi), Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2012.

[7] Jaclyn Tjuarsa, J. Jusin, Ade Maulana, and Jefri Junifer Pangaribuan, “Pengembangan Sistem Informasi Pemesanan Makanan Berbasis Web pada Rumah Makan Mie Hokkien Akheng,” PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 104–110, May 2023, doi: 10.54259/pakmas.v3i1.1758.

[8] Rina Noviana, “Pembuatan Aplikasi Penjualan Berbasis Web Monja Store 36 Menggunakan Php Dan Mysql,” J. Tek. dan Sci., vol. 1, no. 2, pp. 112–124, 2022, doi: 10.56127/jts.v1i2.128.

[9] Hardiansyah, M. Hendayani, I. Amukti Herlambang, A. Nove Rezki, and A. Saifudin, “Implementasi Black Box testing Pada Aplikasi Pemesanan Makanan,” OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science, vol. vol 1, no. 2, Dec. 2022.

[10] V.Meisella,, “Sistem Informasi Manajemen Proyek Konstruksi pada PT. Reka Mandiri Menggunakan Metode Burgerlijke Openbare Werken (BOW,” Angew. Chemie Int. Ed. 6 (11), 951-952, pp. 5-24, 2019, [Online]. Available: https://eprints.polsri.ac.id/7571/

[11] M. M. Saraswati, P. E. Wirawan, S. A. Lestari, C. Laurence, P. M. Pramesti, and F. K. Jebarut, "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Cepat Saji McDonald’s Denpasar," *Jurnal Ilmiah Hospitality Management*, vol. 13, no. 2, pp. 111–118, 2023, doi: 10.22334/jihm.v13i2.248.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.