Sistem Informasi Penjualan Produk Olahraga Berbasis Web Dengan Fitur Chatbot di Toko MJ Sport

Ad'haniata Intan Syafira, Yusuf Sulistyo Nugroho

Abstract

Toko MJ Sport adalah salah satu toko yang menjual peralatan olahraga voli yang berada di wilayah Jakarta Barat. Kegiatan pencatatan pada MJ Sport masih dilakukan secara manual, tentu hal ini membuat pemilik toko kesulitan dalam mengelola data-data penjualan sehingga membutuhkan waktu dan rentan akan kesalahan pencatatan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem informasi penjualan yang berbasis website yang dikembangkan dengan metode Rapid Application Development (RAD) yang meliputi 4 fase yaitu fase perencanaan kebutuhan (requirements planning), fase perancangan (user design), fase konstruksi (construction) dan fase pengujian (cutover). Sistem ini sudah melewati 2 metode pengujian yaitu Black Box Testing dan System Usability Scale (SUS). Pada pengujian menggunakan metode Black Box didapatkan fungsionalitas sistem sudah berjalan dengan semestinya, sedangkan pada pengujian menggunakan metode System Usability Scale (SUS) terhadap 37 responden didapatkan hasil rata-rata skor SUS sebesar 71,261 dengan kategori Acceptable, rating Good, dan grade scale “C” yang dapat diartikan bahwa sistem ini telah diterima serta layak digunakan.

Keywords

chatbot, metode RAD, sistem informasi penjualan, toko, sport, website

Full Text:

PDF

References

N. F. Najwa, M. A. Furqon, and V. Kartika, “Rancang Bangun Sistem E-Commerce untuk Usaha Penjualan Elektronik,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 1, pp. 34–43, May 2022.

I. D. Sintawati, “Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Kue Berbasis Web Dengan Metode RAD (Rapid Application Development),” JISAMAR (Journal Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 2, no. 4, pp. 1–6, Nov. 2018.

A. Andriani and E. Qurniati, “Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Online Dengan Metode Rapid Application Development (RAD),” Speed - Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 10, no. 3, Jan. 2018.

M. Y. Putra and R. W. R. Lolly, “Sistem Aplikasi Penjualan Souvenir Berbasis Web Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD),” Information System for Educators and Professionals: Journal of Information System. 5 (2): 151-160, 2021.

Y. D. Wijaya, “Penerapan Metode Rapid Application Development (RAD) Dalam Pengembangan Sistem Informasi Data Toko,” J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 95–102, 2020.

M. Marsito and D. S. Purnia, “Implementasi RAD pada E-Commerce Sepatu (Studi Kasus Buana Sport Tangerang),” EVOLUSI J. Sains dan Manaj., vol. 10, no. 1, Mar. 2022, doi: 10.31294/EVOLUSI.V10I1.12545.

Z. Rusdi, S. S. Kobalen, F. Fernando, A. R. Maulana, and R. A. Vardha, “Pengembangan Aplikasi Chatbot Pemesanan Rizqy Katering,” Pros. SERINA, vol. 2, no. 1, pp. 1686–1696, Aug. 2022.

A. R. Dwi, F. Imamah, and Y. S. Mei Andre, “Aplikasi Chatbot (Milki Bot) Yang Terintegrasi Dengan Web CMS Untuk Customer Service Pada UKM Minsu,” J. Cendikia, vol. 16, no. 2 Oktober, pp. 100–106, Nov. 2018.

T. Wijaya, M. Rusli, E. S. Rany, and H. Fryonanda, “Membangun Aplikasi Chatbot Berbasis Web Pada CV. Unomax Indonesia,” KALBISCIENTIA J. Sains dan Teknol., vol. 6, no. 2, pp. 110–110, Sep. 2019.

N. Y. N. Pratama and F. Y. Al Irsyadi, “Perancangan Chatbot Islami untuk Aplikasi ChatAja,” Emit. J. Tek. Elektro, vol. 21, no. 1, pp. 64–71, Jan. 2021.

I. Y. R. Pratiwi, Y. Ikhwan, and R. Z. Rahman, “Rancang Bangun Fitur Chatbot Pada Website Politeknik Masamy Internasional,” Softw. Dev. Digit. Bus. Intell. Comput. Eng., vol. 1, no. 1, pp. 22–27, Sep. 2022.

J. Martin, Rapid Application Development. Macmillan Pub. Co., 1991.

A. Ramelan, F. Adriyanto, C. H. B. Apribowo, M. H. Ibrahim, M. E. Sulistyo, and K. S. Arief, “IoT LoRa-Based Energy Management Information System with RAD Method and Laravel Frameworks,” J. Commun. Softw. Syst., vol. 17, no. 4, pp. 366–372, 2021.

Y. Yulianingsih, Z. Niswati, I. B. Rangka, and S. Marti’ah, “Implementation design of monitoring attendance for teacher at elementary school with scattered location,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1318, no. 1, p. 12139, 2019.

G. Booch, J. Rumbaugh, and I. Jacobson, The Unified Modeling Language User Guide. Addison Wesley Professional, 1998.

P. P.-S. Chen, “The Entity-Relationship Model: Toward A Unified View Of Data,” Libr. Massachusetts Inst. Technol., 1977.

B. Beizer, Black-Box Testing: Techniques For Functional Test Software and System. John Wiley & Sons, Inc, 1995.

I. Asghar, M. Griffiths, L. Dando, and I. Salisbury, “The Design, Development and Usability of a Virtual Reality Training Application for the Dental Trainees,” Assoc. Comput. Mach. (ACM), Interaccion 2022 XXII Int. Conf. Hum. Comput. Interact., 2022.

I. Mahmud, F. Sadia, M. Rahman, S. Ahmed, and D. Islam, “Web usability test in 60 seconds: A theoretical foundation and empirical test,” Indones. J. Electr. Eng. Comput. Sci., vol. 17, no. 1, pp. 398–403, 2019.

J. Brooke, “SUS A Retrospective,” J. Usability Stud., vol. 8, pp. 28–40, 2013.

T. Reitz, S. Schwenke, S. Hölzle, and A. Gauly, “Usability testing to evaluate user experience on cyclers for automated peritoneal dialysis,” Ren. Replace. Ther., vol. 7, no. 1, 2021.

A. T. Saputro and Y. S. Nugroho, “Sistem Pengelolaan Mata Pelajaran Berbasis Android di SMK Muhammadiyah Susukan,” J. Komput. dan Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 1–20, Mar. 2023.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.