Pembangunan Aplikasi Mobile Hybrid Pada M-Voting Pemilu Raya Universitas Muhammadiyah Malang

Hartanto Santoso, Wildan Suharso, Hariyady Hariyady

Abstract

Voting merupakan pemilihan suara terbanyak yang bertujuan untuk mencari suatu kesepakatan bersama terhadap sesuatu yang penting. Pada penelitian ini bertujuan membangun frontend aplikasi m-voting untuk pemilu raya di Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini menggunakan metode User Centered Design (UCD), metode ini berfokus pada pengguna sebagai pusat dalam pengembagan aplikasi. Pada pembangunan aplikasi ini menggunakan framework flutter. Flutter merupakan framework yang dibuat google menggunakan bahasa dart. Flutter bersifat cross platform, dimana pengembagan menggunakan framework ini dapat membuat satu aplikasi yang dapat berjalan di dua sistem operasi baik iOs dan android. Sedangkan untuk pengujian pada pembangunan frontend aplikasi M-voting ini menggunakan System Usability Scale (SUS). Skor yang didapatkan setelah pengujian sebesar 71,61 yang berdasarkan interpretasi menggunakan rating SUS score berada pada tingkat ‘Good’.

Keywords

Aplikasi M-voting, User centered design. Front end, System usabilty scale, Flutter

Full Text:

PDF

References

petrus gleko, “Strategi komisi pemilihan umum dalam upaya meningkatkan partisipasi politik masyarakat pada pemilihan umum kepala daerah,” vol. 6, no. 1, pp. 38–47, 2017.

R. Prananda, H. Anra, and H. S. Pratiwi, “Rancang Bangun Aplikasi E-Voting Berbasis Android (Studi Kasus : Pemilihan Ketua Organiasi di Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura),” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 17–21, 2017.

R. A. D. Studi and K. Sman, “APLIKASI MOBILE VOTING BERBASIS ANDROID UNTUK PEMILIHAN KETUA OSIS DENGAN MODEL RAD STUDI KASUS SMAN 1 PARUNGKUDA,” vol. 6, no. 2, pp. 139–142, 2018.

P. Himawan, “Mengenal Flutter pada Mobile Apps Development Android dan iOS,” Crocodic, 2018. [Online]. Available: http://crocodic.com/mengenal-flutter-pada-mobile-apps-development-android-dan-ios/. [Accessed: 10-Sep-2019].

D. I. Pradana and I. Waspada, “Aplikasi Hybrid Pada Sistem Informasi Penyewaan Buku,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 10, no. 1, pp. 1–14, 2019.

G. W. W. Granodio Daegal Wibowo, Wildan Suharso, “Perancangan Kuisioner Evaluasi Mutu Berbasis Mobile Web Application Menggunakan PWA (Progressive Web App)(Studi Kasus: simutu. umm. ac. id),” 2017.

D. Pratiwi, M. C. Saputra, and N. H. Wardani, “Penggunaan Metode User Centered Design ( UCD ) dalam Perancangan Ulang Web Portal Jurusan Psikologi FISIP Universitas Brawijaya,” vol. 2, no. 7, pp. 2448–2458, 2018.

M. Rohandi, N. Husain, and I. W. Bay, “Pengembangan Mobile-Assisted Language Learning Menggunakan User Centered Design,” vol. 7, no. 1, 2018.

I. Print et al., “Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Penerapan Metode UCD ( User Centered Design ) pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web,” vol. 02, pp. 269–278, 2017.

A. Krisnoanto, A. H. Brata, and M. T. Ananta, “Penerapan Metode User Centered Design Pada Aplikasi E-Learning Berbasis Android ( Studi Kasus : SMAN 3 Sidoarjo ),” vol. 2, no. 12, pp. 6495–6501, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.