Pengolahan Citra Digital Untuk Menghitung Ekstrasi Ciri Greenbean Kopi Robusta Dan Arabika (Studi Kasus: Kopi Temanggung)

Akhmad Fadjeri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan ekstrasi ciri yang terdapat dalam greenbean kopi robusta dan arabika untuk membuat objek terdeteksi dan dapat di gambarkan kedalam angka matematis. Metode yang digunakan adalah citra asli yang di ubah menjadi RGB kemudian dilakukan grayscaling yang dilanjutkan dengan proses biner yang bertujuan untuk mengubah gambar menjadi bentuk biner (0 dan 1) setelah pengolahan citra digital selesai dilakukan dilakukan proses ekstrasi ciri foto greenbean kopi berdasarkan lebar, tinggi, keliling, luas permukaan, prosentae kebulatan, dan perimeter dari setiap greenbean kopi sehingga dapat dipahami secara matematis.
Hasil dari proses citra biner dilakukan operasi morfologi, pada proses morfologi terdapat proses erosi dan dilasi. Hasil dari proses erosi dan dilasi dilakuan ekstrasi ciri untuk mendapatkan panjang, tinggi luas, keliling, rasio kebulatan dan perimeter dari sebuah gambar citra. Kemudian nilai disimpan ke dalam database sebagai ekstrasi ciri dari setiap greenbean kopi.
Hasil ekstrasi ciri yang diperoleh dari sampel greenbean kopi dengan rerata didapat lebar 7.7 pixel, tinggi 11, keliling 31.3, luas permukaan 69.5 , prosentase kebulatan 89.559, dan perimeter 1.674 dari greenbean kopi robusta sedangkan untuk greenbean arabika di dapat lebar 13.2 pixel, tinggi 18.8, keliling 51.2, luas permukaan 199.9 , prosentase kebulatan 94.548, dan perimeter 1.60038 dengan kesuluruhan data gambar yang diambil adalah 20 greenbean kopi.

Keywords

Informaton System

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.