Pengembangan Aplikasi Distribusi Data dari aplikasi Asc Timetable Menuju Aplikasi Siakad

Agus Purnomo

Abstract

Penjadwalan pembelajaran atau perkuliahan adalah kegiatan rumit. Inti dari penjadwalan adalah menggatur sumberdaya tenaga pendidik, ruang kelas, siswa dan waktu tidak berbenturan. Banyak software penjadwalan yang dikembangkan secara mandiri oleh institusi terkait dan ada juga yang dikembangkan oleh perusahaan komersial. Disini akan diangkat satu software penjadwalan dengan nama asc timetable. Permasalahan yang muncul adalah distribudi data dari asc timetable menuju aplikasi siakad harus dilakukan secara manual. Penyebabnya adalah tidak adanya fasilitas interkoneksi diantara keduanya. Solusi dilakukana adalah mengembangkan aplikasi penghubung yang mampu mendistribusikan data dari asc timetable menuju aplikasi siakad. Aplikasi dikembangkan berbasis teknologi web dengan bahasa pemprograman PHP dan database mysql. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi yang mampu ektrak data xml asc timetable dalam format sql dan excel. Dari hasil uji ektrak data sebanyak 1305 jadwal perkuliahan, aplikasi yang dikembangkan mampu memberikan nilai efisiensi dan efektifitas waktu sebanyak 99% jika dibandingkan dengan metode ektrak manual

Keywords

siakad, tiem table, php, mysql

Full Text:

PDF

References

A. T. Laksono, M. C. Utami and Y. Sugiarti, "Sistem Penjadwalan Kuliah Menggunakan Metode Algoritma Genetika (Studi Kasus: Fakultas Kedokteran Dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta)," Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, vol. 9, no. 2, pp. 177-188, 2016.

Y. Sari, M. Alkaff, E. S. Wijaya, S. Soraya and D. P. Kartikasari, "Optimasi Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Metode Algoritma Genetika Dengan Teknik Tournament Selection," Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 6, no. 1, pp. 85-p2, 2018.

M. Yulistiana, D. Chaerani and E. Lesmana, "Penerapan Metode Hungarian dalam Penentuan Penjadwalan Matakuliah Optimal (Studi Kasus: Departemen Matematika Universitas Padjadjaran Semester Ganjil 2013-2014)," Jurnal Matematika Integratif , vol. 11, no. 1, pp. 45-64, 2015.

L. D. Setia, "Implementasi Sistem Penjadwalan Mata Kuliah Berbasis Web," Jurnal Ilmiah Informatika , vol. 2, no. 1, pp. 117-120, 2017.

M. Nugraha and Y. Nugraha, "Selamat Tinggal Bentrok! Efisiensi Pengelolaan Jadwal Kuliah dengan SIMDRaW(Sistem Informasi Manajemen Dosen, Ruang, dan Waktu)," Fountain of Informatics Journal , vol. 3, no. 1, pp. 24-29, 2018.

R. S. Pressman, Rekayasa perangkat lunak: pendekatan praktisi (edisi 7), Yogyakarta: Andi Publisher, 2012.

S. R. Jan, S. T. U. Shah, Z. U. Johar, Y. Shah and F. Khan, "An Innovative Approach to Investigate Various Software Testing Techniques and Strategies," Int. J. Sci. Res. Sci. Eng., vol. 2, no. 2, pp. 682-689, 2016.

J. Watkins, Testing IT An Off The Shelf Software Testing, 2001.

P. Ammann, J. Offutt and I. Version, Introduction to Software Testing Edition 2 Paul Ammann and Jeff Offutt Instructor Version, 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.