IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PUZZLE PADA UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 4 KOTA PASURUAN
Abstract
Masalah serius yang timbul akibat rendahnya keterlibatan belajar peserta didik pada proses pembelajaran menjadi fokus penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai apakah penerapan model pembelajaran puzzle dapat meningkatkan tingkat keaktifan peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang menyertakan serangkaian langkah, termasuk perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi. Subjek penelitian mencakup 34 peserta didik dari kelas X3 SMA Negeri 4 Pasuruan. Metode pengumpulan data menyertakan observasi dan wawancara. Analisis data menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus, tingkat keaktifan peserta didik sebesar 55,00%. Angka tersebut mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 63,72%, dan terus meningkat pada siklus II hingga mencapai 78,43%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada keaktifan belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran puzzle.
Kata Kunci: Keaktifas belajar, Puzzle,Proses Pembelajaran.
Abstract
Serious problems that arise due to low learning involvement of students in the learning process are the focus of this research. The aim of this research is to assess whether the application of the puzzle learning model can increase the level of student activity. This type of research is classroom action research (PTK) which involves a series of steps, including planning, implementation, observation and evaluation. The research subjects included 34 students from class X3 of SMA Negeri 4 Pasuruan. Data collection methods involve observation and interviews. Data analysis shows that at the pre-cycle stage, the level of student activity was 55.00%. This figure increased in cycle I to 63.72%, and continued to increase in cycle II until it reached 78.43%. The conclusion of this research is that there is a significant increase in students' learning activeness through the application of the puzzle learning model.
Keywords: Active learning, puzzles, learning process.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A.M. Sardiman. (20110. Interaksi dan Motifvasi Belajar. Jakarta: PT RajagrafindoPersada.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Saefuddin, A. & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Refbacks
- There are currently no refbacks.