Peran Keluarga dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19

Halimatusa Diyah, Stevany Afrizal

Abstract

Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, berupa penelitian dengan metode atau pendekatan studi kasus. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua keluarga di desa Tambak, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang Banten. Sedangkan sumber data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah  literatur atau pustaka yang mendukung penelitian ini, diantaranya: buku-buku, jurnal, artikel, berita, dan regulasi atau Undang-Undang yang berlaku. Tujuan penulisan ini yaitu mengetahui seberapa besar peran keluarga saat pandemi ini. Hasil dari penelitian ini adalah pandemi Covid-19  berdampak  pada  berbagai  hal,  termasuk  perubahan  dalam  pola pendidikan  formal.  Perubahan-perubahan  tersebut  berdampak  pada  kesulitan  yang  dialami siswa ketika menjalani pola pembelajaran yang baru. Kesulitan terjadi salah satunya akibat dari  tidak di milikinya  kemampuan  adaptasi  yang  baik  dalam  diri  siswa.  Kemampuan-kemampuan  semacam  ini  perlu  dikembangkan  sejak  dari  keluarga.  Untuk  itulah  peran keluarga  menjadi  lebih  jelas  dengan  adanya  Pandemi Covid-19  ini.

Keywords

Pandemi Covid-19, Peran Keluarga, Pola Pembelajaran

References

Hatimah, I. (2016). “Keterlibatan Keluarga Dalam Kegiatan Di Sekolah Dalam Perspektif Kemitraan”. Pedagogia, Vol. 14 (2): 290-297.

Kusmana, A. (2011). “E-learning Dalam Pembelajaran”. Lentera Pendidikan, Vol. 14 (1).

Kurniadi. (2001). Pengaruh Media Belajar Terhadap Prestasi Belajar Anak. PT: MediaTor.

Erniwati, E., & Fitriani, W. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Orang Tua Melakukan Kekerasan Verbal Pada Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia …, 4197.

Mulyana, Deddy. (2010). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setiawan, Rizki. (2021). “Keterletakan Internet Dalam Aktivitas Keseharian dan Pendidikan Generasi Milenial”. Sosioteknologi, Vol. 20 (1): 66-79.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Alfabeta.

Goode, J.William, Sosiologi Keluarga. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Parsons, Talcott, The Social System, New York: Free Press, 1951.

Thontowi, Z. S., Syafii, A., & Dardiri, A. (2019). “Manajemen Pendidikan Keluarga: Perspektif Al-Quran Menjawab Urban Middle Class Milenial”. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8 (1).

Tisnawati, Erni. (2006). Managemen Sumberdaya Manusia. Jakarta; PT Pustaka Media.

Uchjana, Onong. (2002). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Vardiansyah, Dani. (2008). Filsafat Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Indeks.

Wulandari, P. (2009). “Menurunnya Tingkat Kesadaran Hukum Masyarakat Indonesia”. Civics, Vol. 6 (1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.