Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan Kamar Mandi di Pesantren

Jeffa Lianto Van Bee, Elly Susanti, Imam Sujarwo

Abstract

Layaknya dalam kebudayaan bangunan-bangunan seperti rumah adat, saung, masjid, dan sebagainya banyak etnomatematika yang diterapkan oleh masyarakat dan tanpa disadari bahwa budaya tersebut merupakan konsep dasar dari matematika. Termasuk salah satunya pada struktur bangunan kamar mandi di pesantren Nurul Ummah. Kegiatan santri tentunya tidak lepas dengan mencuci baju sendiri bahkan membersihkan badan (bersuci) dimana semua itu tidak boleh terlepas dari kaidah-kaidah yang sudah diajarkan dalam Agama Islam (fiqih). Keadaan tersebut menuntut pembangunan kamar mandi di pesantren haruslah dengan jumlah yang banyak dikarenakan jumlah santri di pesantren yang rata-rata juga berjumlah besar dan pasokan air yang harus memadai dan sesuai dengan hukum untuk bersuci.

Keywords

Etnomatematika, Pesantren, Bangunan Kamar Mandi

Full Text:

PDF

References

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in The History and Pedagogy of Mathematics. For The Learning of Mathematics. Vol. 5. No. 1.

Darmayasa, J. B. (2018). Ethnomathematics: The Use of Multiple Linier Regresion in Tradisional House Construction Saka Roras in Songan Village. IOP Conf. Series: Journal of Physics. Vol. 948. No. 1.

Ditasona, C. (2018). Ethnomathematics Exploration of the Toba Community: Elements of Geometry Transformation Contained in Gorga (Ornament on Bataks House). IOP Conf. Series: Materials Science and Enginering. Vol. 335. No. 1.

Dwidayati, N. (2018). Exploring Ethnomathematics in Central java. IOP Conf. Series: Journal of Physics. Vol. 983. No. 1.

Kusuma, Dianne A. (2017). The Role of Ethnomathematics in West Java (A Preliminary Analysis of Case Study in Cipatujah). IOP Conf. Series: Journal of Physics. Vol. 893. No. 1.

Lubis, Sofia. I. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Gordang Sambilan. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 1. No. 2

Maharani, Anggita. 2018. Etnomatematika dalam Rumah Adat Panjalin. Wacana Akademika. Vol. 2. No. 2.

Maya, Rahendra. (2018). Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M. Ag. Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Mangement. Vol. 01. No. 02.

Muttaqien, Dadan. (1999). Sistem Pendidikan Pondok Pesantren (Sebuah Alternatif Mengatasi Kegagalan Sistem Pendidikan Barat). JPI FIAI Jurusan Tarbiyah. Vol. 5. No. 4.

Noto, Muchamad S. (2018). Etnomatematika pada Sumur Purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 5. No. 2.

Rahmawati, Yulia. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Gadang Minangkabau Sumatera Barat. Fibonacci. Vol. No.

Risdiyanti, Irma. (2017). Ethnomathematics: Exploration in Javanese Culture. IOP Conf. Series: Journal of Physics. Vol. 943. No. 1.

Sugianto, Alip. (2019). Reyog Ponorogo Art Exploration as Mathematics Learning Resources: An Ethnomathematics Study. IOP Conf. Series: Journal of Physics. Vol. 1188. No. 1.

Suprayo, T. (2019). Ethnomathematics Exploration on Units And Calculus Within A Village Farmer Community. IOP Conf. Series: Journal of Physics. Vol. 1188. No. 4.

Shiddiq, Ahmad. (2015). Tradisi Akademik Pesantren. Tadris. Vol. 10. No. 2.

Yahya, Fata. A. (2015). Problem Manajemen Pesantren, Sekolah, Madrasah: Problem Mutu dan Kualitas Input-Proses-Output. El-tarbawi. Vol. 8. No. 1.

Zuhriy, M. (2011). Budaya Pesanren dan Pendidikan Karakter pada Pondok Pesantren Salaf. Walisongo. Vol. 19. No. 2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.