MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI VIDEO NARASI CERITA KARYA SISWA DENGAN PLATFORM GOOGLE CLASSROOM

Ahmad Mustaufan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran project based learning video narasi cerita dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi pada pokok bahasan masalah social dalam arus globalisasi di kelas XII IPS 2 SMA N 1 Mayong Tahun Ajaran 2020-2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan model pembelajaran project based learning video narasi cerita. Pada setiap siklus peneliti melakukan pengamatan dan survey untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi siswa mengalami perkembangan pengondisian pembelajaran. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan penulis terhadap 32 siswa terdapat 36,7% siswa memiliki minat belajar yang cukup tinggi pada tahap pra siklus. Kemudian pada siklus I memiliki nilai 54,9% dan pada siklus II memiliki nilai 70,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran model pembelajaran project based learning video narasi cerita dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi pokok bahasan masalah social dalam arus globalisasi kelas XII IPS 2 SMA N 1 Mayong Tahun Ajaran 2020-2021.

Keywords

Minat Belajar, Video Narasi Cerita

References

Aji Pradipta, Deska. 2017. “Pengaruh Minat Belajar dan Komunikasi Matematis terhadap Pemahaman Konsep Matematika”. Jurnal Online Garuda Ristekbrin

Ainurrahman. 2009. “Belajar dan Pembelajaran”. Bandung: Alfabeta.

Aritonang, Tioman. 2019. “Meningkatkan Minat Belajar PKn Menggunakan Model Pembelajaran Tari Bambu”. Jurnal Online Garuda Ristekbrin

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Diemas P.P Dan Rina Harimurti. 2017. “Pengaruh Penerapan Tools Google Clasroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal IT-Edu 2(1), 59-67.

Prasiska Dewi, Ayu. 2018. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Pkn”. Skripsi:Unisnu Sumut

Sugiyono. 2007. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D”. Bandung: Elfabeta.

Susanto, Ahmad. (2013). “Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar”. Jakarta: Kencana.

Susanto. 2012. “Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar”. Jakarta: Pranada Media Group

Hardiyana, Andri. 2015. Implementasi Google Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah, Cirebon : SMA Negeri 1 Losari.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.