UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING MELALUI GOOGLE CLASSROOM DI SMA NEGERI 1 BAYAT

Tyas Ambarsari

Abstract

ABSTRACT

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar sosiologi materi globalisasi  melalui model discovery learning  pada google classroom. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian kepada peserta didik kelas XII IPS 1 di  SMAN 1 Bayat berlokasi Kabupaten Klaten semester I Tahun Pelajaran  2020/2021 sebanyak 22 peserta didik, terdiri dari 8 laki-laki, 14 perempuan. Metode yang digunakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian menggunakan Kemmis dan Mac Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan tes. Dari hasil penelitian pra siklus  melalui hasil Penilaian Tengah Semester menunjukkan ketuntasan 41%. Kemudian meningkat di siklus I dan siklus II yaitu siklus I ( 63,6%) dan siklus II (86,6%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan discovery learning melalui google classroom dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Bayat Klaten.

References

Abd Rozak, ddk,. (2018) Desain perkuliahan Bahasa Arab Melalui Google Classroom, Arabiyat: Vol.5, No. 1, hlm. 86

Agus, Suprijono. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Alfina, Ommi. (2020). Penerapan Lms-Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 [online]. Tersedia: di http://ojs.lppmmethodistmedan.net/. Diakses pada 31 Oktober 2020

Anitah, Sri. (2009). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Hasibuan dan Sylvia. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Penerapan Strategi Inquiry Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1 Batang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2, No. 1, Th. 2020

H.B. Sutopo. (2002). Pengantar Penelitian Kualitatif. Surakarta : Universitas Sebelas Maret Press

Iskandar. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Selatan : GP Press Group

Ishmah (2018). “ Penerapann model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Labsschool FIP UMJ”. [Online].Tersedia: Https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/3371. Diakses pada 13 Oktober 2020

Nyoman K, Ratna. (2010). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana, & Ahmad Rivai. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Algesindo.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung : ALFABETA

Suyadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogyakarta : Diva Press

Trianto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Prestasi Pustaka Raya

.(2020). Analisis Data Covid update 20 September 2020. Tersedia: https://covid19.go.id/p/berita/analisis-data-covid-19-indonesia-update-20-september-2020. Diakses pada 13 Oktober 2020.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.