UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING MELALUI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS MOODLE

Neni Setyaningsih

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya peserta didik saat pembelajaran jarak jauh dan kemampuan berpikir kritis yang rendah sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik tidak sesuai target. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data mengenai peningkatan hasil belajar belajar peserta didik setelah menerapkan model discovery learning melalui Learning Management System berbasis moodle. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian kepada peserta didik kelas XII IPS 3 di SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo sebanyak 26 siswi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan Kemmis dan Mac. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan ketuntasan pra siklus melalui hasil Penilaian Tengah Semester Gasal adalah 46%. Setelah dilakukan tindakan terjadi peningkatan pada siklus I dan siklus II yaitu siklus I (69%) dan siklus II (85%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan model discovery learning melalui Learning Management System berbasis moodle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII IPS 3 SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo.

 

 

Kata kunci: Discovery Learning; Hasil belajar; Learning Management System; Moodle

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Eliot 1982 dalam Drs. Tatang Sunendar, M.Si. Penelitian Tindakan Kelas (16 April 2016).

Ishmah (2018). “Penerapann model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Labsschool FIP UMJ” [Online].Tersedia:https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/3371. Diakses pada 13 Oktober 2020.

Novita, Fidya. (2018). “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar melalui Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik”. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/6811. Diakses pada 13 Oktober 2020. Diakses pada 13 Oktober 2020.

Rosarina, Gina., Sudin, Ali., dan Sujana, Atep. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1):371-380.

Roza, Nitia (2018). “Practicality Of Mathematics Learning Tools Based On Discovery Learning For Topic Sequence And Series”. [Online]. Tersedia: https://www.ijstr.org/final-print/may2018/Practicality-Of-Mathematics-Learning-Tools-Based-On-Discovery-Learning-For-Topic-Sequence-And-Series.pdf. Diakses pada 13 Oktober 2020.

Warda, Anisa dan Sudibyo, Elok. 2018. Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Implementasi Model Discovery Learning pada Sub Materi Pemanasan Global. - E- Journal Pensa. 06 (02):238-242.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2012). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.