PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR JARAK JAUH MATERI PERMASALAHAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 3 DEMAK (Studi Pada Tahun Pelajaran 2020/2021)

Ulin Nafi'ah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar jarak jauh melalui Google Classroom pada materi permasalahan sosial pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA N 3 Demak melalui penerapan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan Teknik Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan prosedur perencanaan, pelaksanaa, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 dengan jumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian pra siklus melalui indikator keaktifan dalam menjawab pertanyaan dan diskusi kelompok sebesar 35%. Kemudian meningkat pada siklus I (74%) dan siklus II (97,1%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning pada materi Permasalahan Sosial dapat meningkatkan keaktifan belajar jarak jauh peserta didik kelas XI IPS 2 SMA N 3 Demak Tahun Pelajaran 2020/2021.

Kata kunci : Google Classroom, Keaktifan Belajar, Permasalahan Sosial, Problem Based Learning

Keywords

Google Classroom, Keaktifan Belajar, Permasalahan Sosial, Problem Based Learning

References

Hopkins, David. 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press.

Muslich, Mansur. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Poerwanti, Endang, dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Dirjen Dikti.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sari, Rohmah Juwita. 2019. Peningkatan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa SMPN 1 Mayang Kelas IX. Jurnal Pendidikan IPA. Vol II (1). garuda.ristekbrin.go.id

Silberman, Melvin L. 2009. Active Learning. Bandung: Nusamedia.

Suryabrata, S. (2000). Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi Offset.

Susilowati, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Materi Ekosistem di Kompetensi Keahlian X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMKN 2 Penajam Paser Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Kompetensi. Vol. 11 (2). garuda.ristekbrin.go.id

UU Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Bandung: Sinar Grafika.

Vitasari, Rizka. 2013. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Kalam Cendekia PGSD Kebumen. Vol. 4(3):2. garuda.ristekbrin.go.id

Widoyoko, S. Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.