PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI MATERI PERMASALAH SOSIAL MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN BERBANTUAN APLIKASI GAME EDUKATIF QUIZZIZ PADA PEMBELAJARAN DARING

Lia Prastyawati

Abstract

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) dimasa pandemi covid-19 ternyata menimbulkan beberapa permasalahan, diantaranya adalah menurunnya prestasi akademik peserta didik dalam mata pelajaran sosiologi. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar sosiologi pada materi pemasalahan sosial kelas XI IPS jenjang SMA dengan menggunakan metode problem solving berbantuan quizziz. Penelitian ini dilaksanakan dalam pembelajaran jarak jauh moda daring di masa pandemi covid-19. Pembelajaran moda daring menggunakan platform googleclassroom, whatsaapgroup, googlemeet dan quizziz. Metode problem solving mengarahkan peserta didik untuk aktif, kolaboratif, komunikatif dan kritis dalam menentukan alternatif penyelesaian suatu masalah. Responden penelitian berjumlah 35 peserta didik kelas XI IPS SMA N 7 Purworejo. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian penerapan metode problem solving berbantuan quizziz dalam pembelajaran sosiologi menunjukkan peningkatan dalam aktivitas peserta didik dan perubahan prestasi yang positif dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik dari prasiklus sampai siklus III. Dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Pratindakan diperoleh rata-rata kelas 65 dengan 57% peserta didik belum tuntas KKM dan 43% peserta didik telah tuntas KKM. Siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 81 dengan capaian 6% peserta didik belum tuntas KKM dan 94% peserta didik telah tuntas KKM. Siklus II rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 92 dengan capaian 100% peserta didik telah tuntas KKM. Penerapan metode problem solving berbantuan quizziz dalam prasiklus, siklus I dan siklus II mampu menaikkan prestasi belajar sosiologi, peningkatannya adalah 27 poin dengan presentasi peserta didik yang tuntas KKM adalah 100%.

Full Text:

PDF

References

Dewi, CK., (2018), Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Kelas X, UIN Raden Intan Lampung.

Mishra, P., & Koehler, M., (2006), Technological Pedagogical Content Knowledge: A new framework for teacher knowledge, Teacher College Record, 1017-1054.

Mulyatiningsih, Endang, (2011), Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Yogyakarta, Alfabeta.

Warsito, (2007) Jurnal Teknodik: Peran TIK dalam Penyelenggaraan PJJ No. 20, 9-41, Jakarta, Pustekkom depdiknas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.