Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Instagram untuk Meningkatkan Pembelajaran Daring pada Materi Globalisasi

Vivin Rindawati

Abstract

Menerapkan konsep abstrak pada pembelajaran daring tidaklah mudah. Hal ini berdampak pada hasil pembelajaran yang tidak maksimal.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi peserta didik dalam pembelajaran daring melalui jejaring social Instagram dengan model pembelajaran discovery learning. Subyek penelitian ini berjumlah 32 orang yaitu 26 perempuan dan 6 laki-laki. Peserta didik adalah kelas XII IPS 4 di SMA N 2 Cepu, Kabupaten Blora. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif  dari data yang diperoleh dalam siklus I dan siklus II Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan hasil tes evaluasi di akhir pembelajaran. Hasil penelitian pada pra siklus melalui evaluasi pembelajaran menunjukkan peserta didik yang tidak tuntas adalah 22 peserta didik atau 68,75 % atau dari jumlah keseluruhan satu kelas yaitu 32. Pada siklus I jumlah peserta didik yang tidak tuntas sudah berkurang menjadi 53 % atau 17 orang dan pada siklus ke II peserta didik yang tidak tuntas berkurang hingga 18,75% atau 6 peserta didik . kesimpulan dari Penelitian Tindakan Kelas ini, dengan partisipasi penggunaan Instagram dalam pembelajaran daring materi globalisasi dapat mempermudah peserta didik dalam menemukan konsep sosiologi yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret.

Keywords

pembelajaran daring, discovery learning, globalisasi, Instagram

Full Text:

PDF

References

Cintia, Nichen Irma dkk, Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa, https://doi.org/10.21009/PIP.321.8, diakses tanggal 17 November pukul 15.00 wib. Hal 71

M Haviz, 2020. Penelitian Tindakan Kelas Belajar Melakukan PTK Dengan Model Integratif, http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/13335/1592533325690_1.%202014%20-%20Haviz%20-%20Buku%20Penelitian%20Tindakan%20Kelas.pdf?sequence=1 ,diakses tanggal 19 November 2020, pukul 04.00, hal-2

Oktaviani, Vera Regina Dwi, 2020. Analisis Ppersepsi Siswa Mengenai Pembelajaran Surala Ninja: Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas V E di Sekolah Dasar Laboratorium UPI Kampus Cibiru. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia, http://repository.upi.edu/57159/ diakses tanggal 18 November 2020 pukul 10.00 wib, hal 33

Siregar, Bella Almira Siregar, 2020. Partisipasi Sosial Dalam Isu Body Positivity Melalui Tagar #PelukDiriProject di Jejaring Sosial Instagram, http://media.unpad.ac.id/thesis/210110/2015/210110150175_2_5012.pdf diakses tanggal 17 november pukul 12.00 wib, hal 14.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.