OPTIMALISASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN OFFICE 365 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MATERI PERBEDAAN, KESETARAAN, DAN HARMONI SOSIAL DI KELAS XI IPS SMA NASIMA SEMARANG

Eni Setyaningsih

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi pada materi perbedaan, kesetaraan, dan harmoni sosial di kelas XI IPS SMA Nasima Semarang dengan menggunakan microsoft 365 atau juga disebut sebagai offoce 365. Subyek penelitian ini adalah kelas XI IPS yang berjumlah 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tes hasil belajar dan lembar observasi yang dilaksanakan dalam pratindakan, siklus I, siklus II dan siklus III. Data yang terkumpul dianalis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai ketuntasan klasikal peserta didik kelas XI IPS SMA Nasima Semarang pada tahap pra tindakan adalah 52,63% dengan nilai rata-rata kelas 68,68. Pada siklus I nilai ketuntasan klasikal peserta didik menjadi 78,95% dengan rata-rata kelas 78,1, siklus II nilai ketuntasan klasikal peserta didik menjadi 100% dengan rata-rata kelas 89,68, begitu juga pada siklus III prosentase ketuntasan dapat bertahan 100% dengan rata-rata kelas 90,63. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa optimalisasi model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan office 365 dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi materi perbedaan, kesetaraan, dan harmoni sosial di kelas XI IPS SMA Nasima Semarang.

References

Abdul Ghofur. 2004. Pedoman Umum Pengembangan Penilaian Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Depdiknas Dikdasmen Dikmenum.

Anies. 2003. Problem-Based Learning. http://www.suara merdeka.com/harian/ 0304/28/kha2.html.(28 April 2003).

Hamzah, Upu. 2004. Makalah Workshop Metode-Metode Pembelajaran Problem Based-Learning. Sulawesi Selatan: Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan. http://www.eudel.edu/pbl

Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Selatan : GP Press Group

Martinis, Yamin. 2013. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Referensi

Moleong. J. Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nisaul ‘Azmi Hajar. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-3 Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA NEGERI Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Mei 2016. Diambil dari https://www.neliti.com/publications/13800/penerapan-model-pembelajaran-problem-based-learning-pbl-untuk-meningkatkan-hasil

Ragilia Novitasari, Yustinus Ulung Anggraito, Sri Ngabekti. 2015. Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio-Visual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi. Semarang: Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/9583/6091

Suryati, Titi. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1),147-153. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.288

Trianto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Prestasi Pustaka Raya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.