Peningkatan Keaktifan Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Examples Non Examples melalui Media LMS Edufikri Kelas XII IPS 3 SMA IT Ihsanul Fikri

Surati Surati

Abstract

ABSTRACT

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan dalam pembelajaarn Sosiologi materi globalisasi dalam perubahan komunitas lokal dengan model Discovery Learning dan examples  non examples dengan media LMS Edufikri. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian kepada siswa kelas XII IPS 3 di SMA Islam Terpadu Ihsanul Fikri Mungkid semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 35 siswa yang terdiri dari peserta didik perempuan semua. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pratindakan melalui observasi dan wawancara menunjukkan peserta didik yang tuntas KKM keaktifan (75) sebanyak 5 (14%) dan sebanyak 30 peserta didik belum tuntas KKM keaktifan (86%), dengan nilai rata-rata 10 aspek keaktifan 48,48 dan nilai rata-rata keaktifan peserta didik 48,67%.  Kemudian mengalami peningkatan pada siklus I yaitu nilai rata-rata 10 aspek keaktifan 79,33 (tinggi) dan peserta didik yang mencapai KKM keaktifan sebanyak 27 peserta didik (77%) dengan nilai rata-rata keaktifan peserta didik (79,38%). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 10 aspek keaktifan 94,10 (sangat tinggi) dan 100% peserta didik sudah mencapai KKM dengan nilai rata-rata keaktifan peserta didik (94,10%). Peningkatan keaktifan tersebut mempengaruhi hasil belajar, pada pratindakan dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 51%, dan meningkat pada siklus I yaitu 71,50% dan siklus II meningkat menjadi 100% tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan model Discovery Learning dan examples  non examples dengan media LMS Edufikri dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XII IPS 3 SMA Islam Terpadu Ihsanul Fikri Mungkid semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021.

References

Anderson, Lorin W & David R. Krathwohl. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Aesmen (Revisi Taksonomi Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penulisan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Adesanjaya. 2011. “Pemanfaatan Media Gambar dalam Proses Belajar Mengajar”. http:// Adesanjaya.blogspot.com diakses pada tanggal 25 Maret 2016 pukul 22.05 WIB.

Catharina Tri Anni dan Ahmad Rifa’i. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Dimyati, Mudjiono, (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Ekaputra, Herman. 2009. Variasi Mengajar guru Dan Aktivitas Belajar Siswa. http:hrstike.blogspot.com/2009/04/normal-0-false-false-false.html. Diakses pada tanggal 2 Januari 2017

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kasmad. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Kolaborasi Anti Galau Dan Cooperative Learning Tipe STAD Materi Sosialisasi Kepribadian Pada Siswa kelas X-1 di SMA Negeri 1 Sumber Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017

J.J. Hasibuan dan Moedjiono. 2010, Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: theory, research and practice (N. Yusron. Terjemahan). London: Allymand Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 2005.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : CV. Rajawali.

Sudjana, N. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar-mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.