Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Video Blog (Vlog) untuk Meningkatkan Minat Belajar Sosiologi pada Siswa Kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Baturetno Tahun Pelajaran 2020/2021

Widya Pusparingga

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsika peningkatan minat belajar siswa melalui penerapan pembelajaran problem based learning dengan media video blog (Vlog). Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Baturetno pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 36 anak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian pra siklus melalui observasi indikator minat belajar menunjukkan  skor minat belajar 50,28%. Kemudian meningkat pada siklus I sampai siklus II yaitu siklus I (60,28%) dan pada siklus II (71,67%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan model pembelajaran problem based learning dengan media video blog (vlog) dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Baturetno tahun pelajaran 2020/2021.

 

Kata kunci : Problem Based Learning, minat belajar, video blog (Vlog)

References

Amir, Taufik.2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hamdani, M.A. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka setia.

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gaung Persada (GP) Press.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Asaja Pressindo

Muhibbin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Priana, Ronny Yudhi Septa. 2017. Pemanfaatan Vlog sebagai Media Pembelajaran Teintegrasi Teknologi Informasi. 2(6).313-316.

Saiful Rizal.2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII di SMP Plus Sunan Drajat Jember Mata Pelajaran IPS Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Bentuk Pasar Dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat). 13(2).73-77.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Suharsimi A. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.