PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING DENGAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS PADA PELAJARAN SOSIOLOGI MATERI MASALAH SOSIAL KELAS XI IPS SEMESTER GASAL DI SMA N 1 JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

Eko Purnomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan model pembelajaran Kooperatif Mind Mapping dengan Aplikasi Microsoft Teams yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS di SMA N 1 Jekulo Kudus tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan yang terdiri dari pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, Demikian pula halnya dengan Siklus II yang terdiri dari satu pertemuan meliputi pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Data aktivitas peserta didik digali dengan lembar pengamatan aktivitas peserta didik, data pengelolaan pembelajaran oleh guru digali dengan lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, sedangkan data hasil belajar peserta didik digali dengan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik selalu mengalami peningkatan dari pra siklus sampai dengan siklus II yaitu, pra siklus (61,76%), siklus I (73,53%) dan pada siklus II (84,12%). Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Mind Mapping dengan Aplikasi Microsoft Teams dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS di SMA N 1 Jekulo Kudus.

 

Kata kunci : Aplikasi Microsoft Teams, Hasil Belajar, Mind Mapping

References

Bambang, Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Esti, Sri.1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo

Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning : Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang – Ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press

Solihatin, Etin, Raharjo. 2008. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Susanto Windura. (2008). Mind Map langkah Demi Langkah. Jakarta: PT Elex Media Koputindo

Suharsimi Arikunto, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Tony Buzan. (2005). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Wardani, Naniek Sulistya. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Aktif (Hasil Penelitian). Salatiga: Widya Sari Press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.