Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Quizizz dan Google My Maps Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Quizizz dan Google My Maps pada materi Peta, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografi di kelas X 1 SMA Islam Diponegoro tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek 21 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, angket, wawancara, dan dokumentasi, dengan validitas hasil, proses, katalis, dialogis, dan demokrasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL berbantuan Google My Maps mampu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Ketuntasan kemandirian belajar meningkat dari 29% pada pra-siklus menjadi 67% pada siklus I, dan mencapai 90% pada siklus II. Selain itu, penerapan PjBL berbantuan Quizizz terbukti meningkatkan hasil belajar, terlihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 67%, yaitu dari 19% pada pretest menjadi 67% pada siklus I, dan meningkat menjadi 86% pada siklus II. Dengan demikian, model PjBL berbasis pemanfaatan teknologi terbukti efektif dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M., & Asrori, M. (2016). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara.
Ardiansyah, A., Sagita, F., & Juanda, J. (2023). Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8–13.
Arumugam, S. K., Muhamad, R., & Yahya, K. (2020). Mapping of construction waste for eco-costs per value ratio (EVR) index using Google My Maps in Shah Alam, Malaysia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 849(1), 1–10. https://doi.org/10.1088/1757-899X/849/1/012046
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Duke, N. K., Halvorsen, A. L., Strachan, S. L., Kim, J., & Konstantopoulos, S. (2021). Putting PjBL to the Test: The Impact of Project-Based Learning on Second Graders’ Social Studies and Literacy Learning and Motivation in Low-SES School Settings. American Educational Research Journal, 58(1), 160–200. https://doi.org/10.3102/0002831220929638
Kristanti, Y. D., & Subiki, S. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Disma 1). Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122–128.
Farida, F., Fitria, Y., Saputri, L., & Syawir. (2018). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan model projek based learning (pjbl) di Kelas V SD Pembangunan UNP: Hasil Penugasan Dosen di Sekolah (PDS). Jurnal Pds Unp, 1(1), 89-95.
Fathurrahman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fitria, D., Susanti, M., & Ilhami, M. D. (2020). Project Based Learning Model in Improving The Ability and Trust. International Journal Of Science, 237–243. https://doi.org/10.46729/ijstm.v1i3.51
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Landicho, C. J. B. (2020). Senior High School Students’ Perceptions And Attitudes Toward The Use Of Google Maps As Instructional Tool In Earth Science. In The Normal Lights 14(1). https://doi.org/10.56278/tnl.v14i1.1500
Joyce, B., & Weil, M. (1980). Model Of Teaching. Prentice-Hall, Inc., 33.
Kiss J., & Reyes Nunez, J. J. (2018). Testing The Use Of Google My Maps In A Hungarian Secondary School. In K. M. Bandrova T. (Ed.), in 7th International Conference on Cartography and GIS, Sozopol
Mohan, V., Kumar M, S., Kumar, C. P. G., Yuvaraj, J., Krishnan, A., Amarchand, R., & Prabu, R. (2020). Using global positioning system technology and Google My Maps in follow-up studies—An experience from influenza surveillance study, Chennai, India. Spatial and Spatio-Temporal Epidemiology, 32. https://doi.org/10.1016/j.sste.2019.100321.
Nasution, N., Rahayu, R. F., Yazid, S. T. M., & Amalia, D. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(1), 9–14. https://doi.org/10.32832/jpls.v12i1.2879
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39. https://doi.org/https:// doi.org/10.51212/jdp.v12i1.1028.
Rahayu, I. S. D., & Purnawarman, P. (2019). The Use of Quizizz in Improving Students’ Grammar Understanding through Self-Assessment. Atlantis Press, 254, 102–106. https://doi.org/10.2991/conaplin-18.2019.235
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Waidi, W., Saefudin, D., & Mujahidin, E. (2019). Pengaruh Motivasi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa: Studi Kasus di MTs Al-Azhar Tuwel. Jurnal Pendidikan Islam, 08(02), 207–218. https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.496
Zhao, F. (2019). Using Quizizz To Integrate Fun Multiplayer Activity In The Accounting Classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37
Refbacks
- There are currently no refbacks.




3.png)
1.png)
1.png)
2.png)

1.png)
