Efektivitas Model Problem Based Learning dan Picture and Picture Menggunakan Media Google Earth Web terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Peserta Didik Kelas XI SMA Al Islam 1 Surakarta
Abstract
Penelitian ini mengkaji efektivitas model Problem-Based Learning (PBL) dan Picture and Picture (PnP) dengan menggunakan media Google Earth Web dalam meningkatkan keterampilan berpikir spasial siswa kelas XI SMA Al Islam 1 Surakarta pada topik persebaran flora dan fauna di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir spasial antara siswa yang diajar dengan menggunakan model PBL dan yang diajar dengan menggunakan model PnP, serta untuk mengidentifikasi model mana yang lebih efektif jika diintegrasikan dengan Google Earth Web. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan rancangan kelompok kontrol pretes-postes dengan pengambilan sampel acak sederhana. Data dianalisis menggunakan tes prasyarat, uji Mann-Whitney, dan Skor N-Gain untuk mengukur tingkat efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan model PBL mengalami peningkatan keterampilan berpikir spasial sebesar 25,09 poin, sedangkan yang diajar dengan model PnP meningkat sebesar 20,55 poin. Uji Mann-Whitney menghasilkan Asymp. Sig. Nilai (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa PBL dengan Google Earth Web secara signifikan lebih efektif. Skor N-Gain untuk kelas PBL (XI 6) adalah 65,20%, dikategorikan cukup efektif, sementara kelas PnP (XI 7) mencapai 53,94%, menunjukkan efektivitas yang lebih rendah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Hlm 86.
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas VII Sekolah Menengahpertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342.
National Academy of Science. (2006). Learning to think spatially. Washington DC: The National Academics Press.
Mutia, T., Rosyida, F., Putra, A., Sahrina, A., & Purnamasari. (2023). Media Google Earth dengan Problem Based Learning Berpengaruh terhadap Kemampuan Bepikir Spasial Siswa SMA. Jurnal kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 11(2), 303-309. https://doi.org/10.31764/geography.v11i2.16943
Santoso, Singgih. (2015). Menguasai Statistik Nonparametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sari, L. R., Pargito, P., & Widodo, S. (2021). Profil Kemampuan Mengajar Guru Geografi Berdasarkan Standar Proses. JPG (Jurnal Penelitian Geografi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.




3.png)
1.png)
1.png)
2.png)

1.png)
