Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Game Based Learning Untuk Kelas X-E7 Sman 5 Surakarta Semester Ganjil Tahun 2023/2024

M. Syarif Hidayat, Muhammad Farchan Hamidi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Game Based Learning (GBL) terhadap hasil belajar geografi materi BAB I pengantar ilmu geografi pada kelas X-E7 SMA Negeri 5 Surakarta.

Penelitian ini menggunakan game teka-teki silang pada laman bernama wordwall. Peserta didik secara berkelompok menjawab soal yang ada pada game teka-teki silang dengan materi yang sudah diajarkan oleh guru dan di bantu media pembelajaran berupa buku bacaan, power point, maupun video pembelajaran.

Hasil dari penelitian ini adalah (1) model pembelajaran Game Based Learning (GBL) lebih efektif dibandingkan dengan model ceramah pada pembelajaran geografi materi pengantar ilmu geografi. (2) model pembelajaran Game Based Learning (GBL) telah berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. (3) refleksi dan tindak lanjut yang tepat dapat berpengaruh secara signifikan pada hasil belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dedi Risaldi, R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Watoputepada Materi Pokok Hidrosfer Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw). Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 3(1), 14–25.

Dini Siswani Mulia, dan Suwarno. PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dsn Penulisan Artikel Ilmiah di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Furchan, H. Arief, Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2004

Khamid, M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Sosial Khatulistiwa: JUrnal Pendidikan IPS, 01(02), 53–60.

Saminanto, Ayo Praktik PTK : Penelitian Tindakan Kelas, Semarang: RaSAIL Media Group, 2010 . Sanjaya, Wina, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana, 2010.

Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.