Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Konsep Dasar Geografi Menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Pada Kelas 10 (Fase E) Di SMA Negeri 5 Surakarta

Surya Tri Handoko, Muhammad Farchan Hamidi

Abstract

Pembelajaran Jigsaw adalah sebuah metode pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh ahli psikologi sosial, Elliot Aronson, pada tahun 1971.Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman, retensi informasi, serta meminimalkan persaingan antar siswa. Pembelajaran Jigsaw sering digunakan dalam pendidikan untuk mempromosikan pembelajaran kolaboratif dan membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi konsep dasar geografi melalui metode Jigsaw pada siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, analisis dokumen, dan tes. Peningkatan pemahaman materi konsep dasar geografi dilihat dari hasil tes pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada setiap siklus. Siswa yang mencapai nilai ketuntasan pada kondisi 40% pada siklus I, dan meningkat menjadi 89% pada siklus II. Nilai rata-rata pada kondisi pada siklus I yaitu 64, dan meningkat menjadi 81 pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode JigSaw dapat meningkatkan hasil belajar mteri konsep dasar geografi pada siswa kelas X E5 di SMAN 5 Surakarta

Full Text:

PDF

References

Zulqarnain., Al-Faruq, M.S.S., & Sukatin. (2022). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Suryani, E. (2019). Analisis Pemahaman Konsep? Two-Tier Test sebagai Alternatif. Semarang: CV Pilar Nusantara.

Bausir, U. (2023). Menggerakkan Pendidikan Indonesia: Penguatan Nilai-Nilai Karakter Pendidikan untuk Membangun Generasi Emas. Indramayu: Penerbit Adab.

Rustiarso. & Wijaya, T. (2020). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Yusuf, M. (2023). Inovasi Pendidikan Abad-21: Perspektif, Tantangan, dan Praktik Terkini. Yogyakarta: Selat Media Patners.

Yani, A. dkk., (2022). Kerangka Acuan Standar Kompetensi Geografi Nasional. Depok: UI Publishing.

Susetyo, dkk., (2023). Inovasi Pembelajaran Abad 21. Jember: UM Jember Press.

Budiyanto, M.A.K. (2016). Sintaks 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMM Press.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Kertati, I., dkk. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif Era Digital: Penerapan & Implementasi Pembelajaran Inovatif Berbasis Studi Kasus Era Industri 4.0 dan Society 5.0. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Hananingsih, T.Y., Amirudin, A., & Juarti. (2018). Upaya Penerapan Model Pembelajaram Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geografi pada Materi Dinamika Hidrosfer Kelas X.3 SMA Negeri 1 Kademangan Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Gografi, 23(1), 62-67.

Rustiyarso & Wijaya, T. (2020). Panduan & Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Noktah.

Rutifah. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Geografi Melalui Kooperatife Tipe Jigsaw pada Materi Penginderaan Jauh Kelas XII IPS 5 SMAN 1 Cikarang Barat. Strategy: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 2(3), 268-274.

Istiqomah & Ramli. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Tikep. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 4(3), 89-97.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.