Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Konsep Dasar Geografi Menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Pada Kelas 10 (Fase E) Di SMA Negeri 5 Surakarta
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Zulqarnain., Al-Faruq, M.S.S., & Sukatin. (2022). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Suryani, E. (2019). Analisis Pemahaman Konsep? Two-Tier Test sebagai Alternatif. Semarang: CV Pilar Nusantara.
Bausir, U. (2023). Menggerakkan Pendidikan Indonesia: Penguatan Nilai-Nilai Karakter Pendidikan untuk Membangun Generasi Emas. Indramayu: Penerbit Adab.
Rustiarso. & Wijaya, T. (2020). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.
Yusuf, M. (2023). Inovasi Pendidikan Abad-21: Perspektif, Tantangan, dan Praktik Terkini. Yogyakarta: Selat Media Patners.
Yani, A. dkk., (2022). Kerangka Acuan Standar Kompetensi Geografi Nasional. Depok: UI Publishing.
Susetyo, dkk., (2023). Inovasi Pembelajaran Abad 21. Jember: UM Jember Press.
Budiyanto, M.A.K. (2016). Sintaks 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMM Press.
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Kertati, I., dkk. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif Era Digital: Penerapan & Implementasi Pembelajaran Inovatif Berbasis Studi Kasus Era Industri 4.0 dan Society 5.0. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Hananingsih, T.Y., Amirudin, A., & Juarti. (2018). Upaya Penerapan Model Pembelajaram Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geografi pada Materi Dinamika Hidrosfer Kelas X.3 SMA Negeri 1 Kademangan Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Gografi, 23(1), 62-67.
Rustiyarso & Wijaya, T. (2020). Panduan & Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Noktah.
Rutifah. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Geografi Melalui Kooperatife Tipe Jigsaw pada Materi Penginderaan Jauh Kelas XII IPS 5 SMAN 1 Cikarang Barat. Strategy: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 2(3), 268-274.
Istiqomah & Ramli. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Tikep. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 4(3), 89-97.
Refbacks
- There are currently no refbacks.