Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat dan Mitigasi Bencana Terhadap Bencana Tanah Longsor di Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun 2021 (Implementasi Dalam Pembelajaran Geografi di SMA dalam Bentuk Modul Ajar Materi Mitigasi Bencana Alam Kelas XI)

Nur Liyan Widyaningrum

Abstract

Nur Liyan Widyaningrum. K5416050. Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat dan Mitigasi Bencana Terhadap Bencana Tanah Longsor di Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun 2021 (Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Geografi di SMA dalam Bentuk Modul Ajar Materi Mitigasi Bencana Alam Kelas XI). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2023. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui status kesiapsiagaan bencana tanah longsor di wilayah Kalijambe, (2) menetapkan langkah-langkah penanggulangan bencana longsor, dan (3) memberikan arahan penanggulangan bencana longsor yang terjadi di wilayah Kalijambe. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga di Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen yang terletak di daerah longsor berjumlah 4402 rumah tangga. Sampel yang digunakan untuk menentukan kesiapsiagaan bencana adalah sampel acak, sedangkan sampel yang digunakan untuk menentukan kesiapsiagaan bencana menggunakan sampel purposive. Pengumpulan data untuk implementasi; Observasi lapangan, wawancara dan telaah dokumen. Teknik analisis deskriptif kualitatif digunakan dalam analisis data.

Kata kunci: longsorlahan, kesiapsiagaan, arahan mitigas

Full Text:

PDF

References

Coburn, W,A., Spence, S.J.R., Pomonis,A., 1994. Mitigasi Bencana. Modul Program Pelatihan Manajemen Bencana. Cambridge: Cambridge Architectural Research Limited.

Direktorat Geologi Tata Lingkungan. (2001). Gerakan Tanah di Indonesia. Direktorat Jenderal Pertambangan Umum. Departemen Pertambangan dan Energi. Jakarta.

Farhi. Zahiyul, Sudibyakto dan Handoko. DS. 2012. Tingkat Kerentanan Dan Indeks Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Bencana Tanah Longsor Di Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Majalah Geografi Indonesia, Vol 26, No. 1, Maret 2012: 0125-1790. Diakses pada 23/12/2019 14:14.

Fitriadi W. Muhammad, Kumalawati,. R, Arisanty Dessy. 2017. Tingkat Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Bencana Tanah Longsor di Desa Jaro Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong. Jurnal Pendidikan Geografi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.