Analisis Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata pelajaran Geografi Di SMA Negeri 8 Surakarta

Inelsa Rafika Novitasari, Setya Nugraha, Singgih Prihadi

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia, karena pendidikan tidak hanya didapatkan di bangku sekolah saja, tetapi juga dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya. Adanya pendemi covid-19 yang mengharuskan segala kegiatan aktifitas yang dilakukan diluar rumah harus dibatasi, tidak terkecuali kegiatan sekolah atau belajar mengajar. Adanya perubahan proses pembelajaran yang terhitung tiba-tiba mengakibatkan pengajar maupun peserta didik harus membiasakan dengan adanya perubahan tersebut. Hal tersebut tentu tidak mudah untuk dilakukan sehingga terdapat hambatan yang dirasakan oleh pengajar maupun peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang terjadi selama proses pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 8 Surakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Sampel yang digunakan yaitu seluruh warga sekolah SMA Negeri 8 Surakarta. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data interaktif. Hasil menunjukan hambatan yang dialami oleh warga sekolah yaitu keterbatasan kuota internet, jaringan internet kurang stabil, keadaan lingkungan yang kurang kondusif, kapasitas perangkat penunjang pembelajaran yang minim dan penyamapaian materi yang diberikan oleh guru kepada peserta didik.

Kata Kunci: Hambatan, Pembelajaran, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA Apostol, A.-C. (2020). Students` perceptions about the impact of COVID-19 on learning process. A sociological approach. 9, 495–500. Haryadi, R., & Selviani, F. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 Pendidikan Fisika , Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Email : rudiharyadi@untirta.ac.id Email : selvianifitria28@gmail.com AoEJ : AoEJ: Academy of Education Journal, 12, 254–261 Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541. Muhammad, R., Saefulmilah, I., & Saway, M. H. M. (2020). JALANCAGAK SUBANG. 2(November), 393–404. Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh). 4(2), 30–36. Prijowuntato, S. W., & Wardhani, A. M. N. (2021). Analisis Kesan, Tantangan, Hambatan, dan Harapan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 11(1), 33. Rohmah, R. D., Mustikawati, M., Huda, M., & Syaadah, H. (2022). Identifikasi Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1). Sari. (2022). Problematika yang di hadapi peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring (online) pada masa pandemi covid-19 di sma negeri 1 tulungagung. 8(September), 126–133. Wahyuningsih, K. S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Dharma Praja Denpasar. Pangkaja: Jurnal Agama Hindu, 24(1), 107. Widiastuti, H., & Subekti, E. (2021). Problematıka Pembelajaran Darıng di Masa Pandemı Covıd-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 226–234. Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.