Pengaruh Penggunaan Platform Google Classroom Berbantuan Quizizz Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Geografi Di Masa Pandemi

Zahro Fatim Khasanah, Sugiyanto Sugiyanto, Singgih Prihadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan platform pembelajaran google classroom berbantuan quizizz dengan yang menggunakan platform pembelajaran google classroom pada pembelajaran geografi di masa pandemi, (2) mengetahui perbedaan tingkat efektifitas antara penggunaan platform pembelajaran google classroom berbantuan quizizz dengan penggunaan platform pembelajaran google classroom pada pembelajaran geografi di masa pandemi. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan teknik tes. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan n-gain score. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, terdapat perbedaan yang siginifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan platform google classroom berbantuan quizizz dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan platform google classroom ketika pembelajaran daring. Rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan platform google classroom berbantuan quizizz sebesar 89 > rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan platform google classroom sebesar 81,647. Kedua, terdapat berbedaan tingkat efektivitas antara penggunaan platform google classroom berbantuan quizizz dengan penggunaan platform google classroom ketika pembelajaran daring. Kelompok yang menggunakan platform google classroom berbantuan quizizz memperoleh rata-rata nilai n-gain score sebesar 61,6129% dengan kategori tafsiran “Cukup Efektif”, sedangkan kelompok yang menggunakan platform google classroom memperoleh rata-rata nilai n-gain score 40,029% dengan kategori tafsiran “Kurang Efektif” digunakan ketika pembelajaran daring pada mata pelajaran geografi di masa pandemi.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Edukasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). New Jersey: Pearson Education, Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 1994). Mulatsih, B. 2020. Penerapan Aplikasi Google classroom, Google Form, Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19. Junal Karya Ilmiah Guru. Vol. 5, No.1 Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19 KEMENDIKBUD. (2020). Surat Edaran Nomer 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan di Masa Darurat Coronavirus Disease 2019 PERMENDIKBUD. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.