Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh keterampilan berpikir kritis antara pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing disertai media Google Earth dengan pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing disertai peta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Kebakkramat tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 150 orang. Sampel yang digunakan diambil dari populasi dan digunakan dalam penelitian ini ada 2 kelas yaitu XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode non tes dan metode tes. untuk metode non tes akan dikumpulkan melalui angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik inferensial. Analisis statistik inferensial ini dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Sebelum melakukan uji-t terlebih dahulu melakukan uji prasyarat seperti uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: Terdapat pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing disertai Google earth terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Kebakkramat.
Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Google Earth, kemampuan berpikir kritis
Full Text:
PDFReferences
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468 Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan : Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya. Facione, P. a. (2015). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Insight assessment (Issue ISBN 13: 978-1-891557-07-1.). https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-AboutCritical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/CriticalThinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF Finken, M & Ennis, R. . (1993). Illinois Critical Thinking Essay Test. Illinois Critical Thinking Project, 1–17. Jusman, Anggereni, S., Hajeriati, Ali, M., & Ikbal, M. (2020). Perbandingan Pemahaman Translasi Antara Model. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 22–29. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika%0Ap-ISSN: Kurniawan, Y. D. A., Utomo, H., & Insani, N. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Geografi siswa kelas X IPS SMAN 1 Genteng. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1), 81–88. https://doi.org/10.17977/um063v2i12022p81-88 Lai, E. R. (2011). Critical Thinking : A Literature Review Research Report. Mason, M. (2009). Critical Thinking and Learning. Critical Thinking and Learning, 1– 134. https://doi.org/10.1002/9781444306774 Nuryani, Pupun, Y. A. dan A. T. H. (2019). Model Pedagogik Multiliterasi Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Abad Ke 21. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(02), 117–126. https://doi.org/10.1709/eh.vlli2.18821 Ratinen, I., & Keinonen, T. (2011). Student-teachers’ use of Google Earth in problembased geology learning. International Research in Geographical and Environmental Education, 20(4), 345–358. https://doi.org/10.1080/10382046.2011.619811 Robert, J., & Price, E. (1986). Critical Thinking: Its Nature, Measurement and Improvement. National Institute of Education, Washington, DC., 37. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo(ed);2nd ed).
Refbacks
- There are currently no refbacks.