Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Disertai Infografis Terhadap Critical Spatial Thinking Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023

Elys Dinda Safira, Rita Noviani, Mohammad Gamal Rindarjono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Model Project Based Learning disertai Infografis terhadap Critical Spatial Thinking peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2022/2023. Metode dalam penelitian ini menerapkan pendekatan semu eksperimen (quasi experimental research). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial. Teknik uji prasyarat analisis yang digunakan antara lain uji validitas instrument, uji normalitas dan homogenitas , serta uji hipotesis penelitian dengan menggunakan Independent Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data diketahui bahwa hasil posttest dengan model pembelajaran project based learning disertai infografis lebih baik dibandingkan dengan model ekspositori. Rata-rata hasil posttest peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 88,9. Sedangkan pada kelas kontrol sebesar 83,5. Hasil uji statistik yang diterapkan dalam penelitian ini diperoleh t hitung sebesar -5.290 dengan probabilitas sig(2-tailed) yaitu 0,000. Merujuk pada hasil analisis data dan temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning disertai Infografis berpengaruh terhadap Critical Spatial Thinking peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2022/2023.

Full Text:

PDF

References

Antonova, A. (2016). Building Sophisticated Infographics as Effective Knowledge Visualization and Knowledge Sharing Tool. A Peer Reviewed Scientific Journal, (1314– 4464).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Indraswati, D.,Marhayani, D. A., Sutisna, D., Widodo, A., & Maulyda, M. A. (2020). Critical Thinking Dan Problem Solving Dalam Pembelajaran Ips Untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(1), 12–28. https://doi.org/10.31571/sosial.v7i1.1540.

Kim, M., & Bednarz, R. (2013). Development of critical spatial thinking through GIS learning. Journal of Geography in Higher Education, 37(3) 350–366. https://doi.org/10.1080/03098265.2 013.769091.

Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Manalo, E., & Sheppard, C. (2016). How might language affect critical thinking performance?, 41–49.

Mulnix, J. W. (2012). Thinking Critically about Critical Thinking. Educational Philosophy and Theory, 44(5), 464–479.

Shabiralyani, G., Hasan, K. ., N, H., & Iqbal, N. (2015). Impact of Visual Aids in Enhancing the Learning Process Case Research: District Dera Ghazi Khan. Journal of Education and Practice, 6(19), 226–233.

Siricharoen, W. V. (2013). Infographics: The new communication tools in digital age. The International Conference on E-Technologies and Business on the Web (Ebw2013), 169– 174. 31

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vazquez, J. .,&Chiang, E. .(2014). Apicture is worth a thousand words (at least): The effective use of visuals in the economics classroom. International Review of Economics Education, 17, 109–119.

Wazeema, T. M. F., & Kareema, M. I. F. (2007). Implication of multimedia audio-visual aids in the English language classroom.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.