Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Combine Teams Games Tournament Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Fase E SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023

Vivia Ajeng Wulandari, Sugiyanto Sugiyanto, Lintang Ronggowulan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui perbedaan keaktifan belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning kombinasi team games tournament dengan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran geografi materi dinamika litosfer di kelas X E SMA Negeri 3 Surakarta dan (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning kombinasi team games tournament dengan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran geografi materi dinamika litosfer di kelas X E SMA Negeri 3 Surakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X E SMA Negeri 3 Surakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t (independent sample t-test) terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hasilnya adalah sebagai berikut (1) terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa antara model pembelajaran problem based learning kombinasi team games tournament dengan model pembelajaran problem based learning dengan hasil sig2 tailed sebesar 0,028 > 0,05. (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran problem based learning mengkombinasikan team games tournament dengan model pembelajaran problem based learning dengan hasil sig2 tailed sebesar 0,042 > 0,05. Penerapan model pembelajaran problem based learning kombinasi team games tournament lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran problem based learning

Keywords

aktivitas belajar; hasil belajar; problem based learning kombinasi team games tournament

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Karanganyar:Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta:PT Rineka Cipta.

Hidayah, Nurul. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dipadukan Dengan Numbered Head Together (NHT) Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Kediri Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan. 4-10

Ngalimun. (2012). Strategi dan Model PEMBELAJARAN. Yoyakarta:Aswaja Pressindo.

Pahrudi, Muhammad. (2014) Pengaruh Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Jakarta:UIN Syarif Hidayatullah.

Rizkiwati, B., Jailani, H. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Think Pair Share terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Educatio, 10(2), 249-261. Sudjana, N. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyanto. (2009).Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS

Slavin, R. (2020). COOPERATIVE LEARNING Teori, Riset dan Praktik. Yogyakarta:Nusa Media.

Utomo, F. N. (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadukan Group Investigation Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X di SMK N 5 Surakarta. 1-70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.