Peningkatan Minat Belajar Geografi Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gamifikasi Kelas X-E4 SMA N 6 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023

Hanif Rifai, Eny Wiji Lestari, Diani Marhaenita

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan media gamifikasi dalam meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran geografi, dengan materi pokok pada fenomena geosfer (hidrosfer, biosfer, dan antroposfer), di kelas X-E4 SMA N 6 Surakarta pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggabungkan model pembelajaran problem based learning dengan penggunaan kuis interaktif gamifikasi seperti kahoot dan quizizz. Observasi dan survei dilakukan setiap siklus untuk memantau tingkat minat belajar peserta didik. Berdasarkan hasil observasi peserta didik mengalami perkembangan dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan penulis terhadap 36 peserta didik terdapat 63,6% peserta didik memiliki minat belajar yang cukup tinggi pada siklus I. Kemudian pada siklus II memiliki nilai 68,5% dan pada siklus III memiliki nilai 73,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran model problem based learning berbantuan media gamifikasi dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dengan kriteria baik pada mata pelajaran geografi materi pokok hidrosfer, biosfer, dan antroposfer kelas X-E4 SMA N 6 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Minat Belajar, Gamifikasi, Kahoot, Quizizz

Full Text:

PDF

References

Slameto (2013), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V1i1.3264 Tohirin. (2008). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. PT Raja Grafindo Persada. Isnawati, Alifah Ulfiatul, S. H. (2021). Penerapan Gamifikasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II MI Ma’arif Cekok., (Hal. 207). Ponorogo. Azizah, N. (2023). Pentingnya Inovasi Dalam Perkembangan Pendidikan Di Indonesia. Barokah, S. L. (2020). Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Antropologi. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Quiziz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi (Lintas Minat) Materi Interaksi Sosial Bagi Peserta Didik Kelas X Mipa 4 SMA N 1 Bawang Tahun Pelajaran 2020/2021, 174. Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Lestari, Karunia Eka Dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2017). Peneltian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama. Murjanto, D. D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Guna Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Penjasorkes Bagi Peserta Didik Kelas Xi Mipa 6 SMA Negeri 2 Sragen. Sragen.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.