Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri Tulakan Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2022/2023 (Materi Ketahanan Pangan, Bahan Industri, Potensi Energi Baru dan Terbarukan di Indonesia)
Abstract
Kualitas hasil belajar geografi di SMA Negeri Tulakan belum begitu baik. Hal ini dikarenakan pembelajaran disekolah masih menggunakan beberapa metode seperti teacher center, tanya jawab, dan belum terbiasa menggunakan metode problem solving, diskusi, dan sebagainya. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri Tulakan, Pacitan. Proses pembelajaran discovery learning melibatkan seluruh kemampuan siswa untuk menemukan prinsip atau konsep baru berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya. Pada kondisi awal, hanya 52% siswa yang dapat mencapai tingkat penguasaan minimal pada materi ketahanan pangan, bahan industri, potensi energi baru terbarukan di Indonesia (data sekunder). Pada siklus pertama, siswa mampu mencapai batas ketuntasan minimal sebesar 65%. Kondisi pembelajaran diperbaiki lagi pada siklus 2. Hasilnya, siswa yang mampu mencapai batas ketuntasan minimal meningkat menjadi 86%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning secara meyakinkan dapat meningkatkan hasil belajar geografi pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri Tulakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
gus Supriyadi. (2012). Skripsi: Peningkatan Hasil Belajar Metode Discovery Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 03 Sungai Ambawang, Kubu Raya, Universitas Tanjungpura, Pontianak.
Anderson, L.W & Krathwohl, D. R. (2015). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anyafulude, J. C. (2013). Journal: Effects of Problem-Based and Discovery-Based Instructional on Students’ Academic
Achievement in Chemistry. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching Journal of Science and Technology. vol.3
Arif Baidowi, dkk, (2015), Journal: Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA, Jurnal Pendidikan Geografi, Th. 20, No.1,
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Baharuddin & Esa NW. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Balim AG. (2009). Journal: The Effect of Discovery Learning on Students Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research, 35.
Borthick. A.F & Jones, D. R. (2000). Journal: The Motivation for Collaborative Discovery Learning Online and Its Application in an Information Systems Assurance Course. Journal Issues in Accounting Education., 15.
Castronova, J. A. (2002). Journal: Discovery Learning for the Century: What is it and how does it compare to traditional learning in effectivennes in the century? Literature Reviews Action Research Exchange (ARE), 11.
Debby May Puspita dkk. (2018). Journal: The Effect of Discovery Learning Model and Scientific Attitude of Students on the Understanding of the Concept of Natural Science in Students of Grade IV Primary School, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, vol. 200.
Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Doni Setiawan Pramono. (2018). Skrpsi: Penggunaan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran Perawatan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI TKR 3 Di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hanafiah, N. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.
Joolingen, W. V. (1999). Cognitive Tools For Discovery Learning. International Journal Of Artifical Intellegence In Education (IJAINED), vol. 10.
Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMA/MA dan SMK/MAK Sejarah Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2014). Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: BPSDM Kemendikbud.
Majid, A. (2013). (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Markaban. (2008). Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Ningrum, E. (2014).(2014). Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Praktis dan Contoh. Yogyakarta: Ombak.
Rahmi Nazliah. (2020). Journal: The Effect of Discovery LearningModel on Students Learning Outcome at SMA Muhammadiyah 09. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 7.
Rifa’i, A. & C. A. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Rosnidar,dkk. (2021). Journal: The application of the discovery learning model to improve student learning outcomes at MAN 4 Aceh Besar. Journal of Research in Science Education JPPIPA, vol. 4.
Rusman, (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rusman, (2014), Journal: Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah, Edutech, Tahun 13, Vol.1, No.2, Juni 2014
Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group. Sardiman A.M. (1992). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Slameto. (1987). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Subini, N. (2012). . (2012). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
Sudaryono, Margono,G., Rahayu, W. (2013). Pengembangan instrument penelitian pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Thobroni, M. & Mustofa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Waldopo, (2012), Journal: Pembelajaran Berbasis Masalah, Sebuah Strategi Pembelajaran untuk Menyiapkan Kemandirian Peserta Didik, Jurnal Teknodik Vol. XVI - Nomor 3.
Yamin, M. (2007). Kiat Membelajarkan Peserta didik. Jakarta: Gaung Persada Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.