Efektivitas Strategi Pembelajaran Card Sort Dan Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas XI IPS Sub Materi Karakteristik Bioma Di Dunia Di SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023

Vina Indah Aprilia, Sarwono Sarwono, Rahning Utomowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar geografi antara peserta didik dengan strategi Card Sort, Index Card Match, dan Ekspositori pada mata pelajaran geografi, 2) Mengetahui apakah hasil belajar geografi peserta didik dengan strategi Card Sort lebih baik dibanding dengan strategi Ekspositori, 3) Mengetahui apakah hasil belajar geografi peserta didik dengan strategi Index Card Match lebih baik dibanding dengan strategi Ekspositori. 4) Mengetahui apakah strategi Card Sort lebih efektif dibandingkan Index Card Match terhadap hasil belajar geografi. Penelitian adalah penelitian kuantitatif berjenis Quasi Eksperimental dengan Preetest dan Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS SMA N 2 Surakarta, dengan tiga kelas sampel. Uji analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA satu arah dan uji Tukey. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat perbedaan rataan hasil belajar geografi antara peserta didik yang diajar dengan strategi Card Sort, Index Card Match, dan Ekspositori dibuktikan Fhitung=4,764 > Ftabel=3,083 dan taraf Sig 0,011<0,05. 2) Hasil belajar geografi peserta didik dengan strategi Card Sort lebih baik dibanding Ekspositori dibuktikan nilai Sig 0,042<0,05. 3) Hasil belajar geografi peserta didik dengan strategi Index Card Match lebih baik dibanding Ekspositori dibuktikan nilai Sig 0,015<0,05. 4) Strategi Card Sort tidak lebih efektif dibanding dengan Index Card Match terhadap hasil belajar geografi peserta didik dibuktikan nilai Sig 0,918>0,05.


Kata Kunci: Hasil Belajar Geografi, Index Card Match, Card Sort

Full Text:

PDF

References

Abdurrahman Mulyono. (1999). Pendidikan bagi Anak Bekesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Fadhila, Rahmatul,. Abdi, Abdul W. & Maulidan, Okta R. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Card Sort dengan Index Card Match dalam Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 8 Aceh. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah. 03(04). 443-452. Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Silberman, M. (2007). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Intan Madani. Sirait, E. D., & Apriyani, D. D. (2020). Pegaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif ICM (Index Card Match) terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 05(01), 46-48. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan RnD. Bandung: Alfabeta. Umar, David & Pamungkas, Satrio. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbentuk Permainan Card Sort terhdap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Muaro Jambi. ISTORA:Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari. 02(01). 18-28. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Zaini, Hisyam., Munthe, Bermawy,. & Aryani, Ayu Sekar. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.