Efektivitas Model Pembelejaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Dengan Memperhatikan Gaya Belajar Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2021/2022

Apres Setyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) gaya belajar pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Ngemplak (2) perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan metode ceramah (3) perbedaan hasil belajar pada masing-masing gaya belajar. (4) interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Populasi terdiri dari kelas X IPS dan sampelnya terdiri dari kelas X IPS 1 dan X IPS 2. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan ANOVA dua arah dengan sel yang berbeda dan uji post ANOVA menggunakan metode Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan (1) gaya belajar visual 16,7%, gaya belajar auditori 23,6%, gaya belajar baca/tulis 36,1%, dan gaya belajar kinestetik 23,6%, (2) terdapat perbedaan hasil belajar antar model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan metode ceramah, (3) terdapat perbedaan hasil belajar pada setiap gaya belajar siswa, (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar.

Full Text:

PDF

References

Arfi'ah, D. (2018). Perbedaan Prestasi Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) di SMK Negeri 1 Sawit.

Arni (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Materi Protista Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Takalar.

Ayuningrum, S., Budiyono., & Kurniawati, I. (2018). Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Ditinjau Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Colomadu. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, II (5), 413-420.

Chatib, M. (2014). Orang Tuanya Manusia: Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung : PT Mizan Pustaka.

Margarisya, Y. D., & Lian, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMA Negeri 2 Muara Enim Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Jurnal Geografi Gea, 19(1), 9–17.

Patmawati,. Rahman, A, & Asdar (2015). Efektivitas Penerapan Strategi TTW dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Of Est, 01(02), 74–86.

Pratiwi, D. (2014). Gaya Belajar Dominan pada Siswa Berprestasi dalam Kegiatan Pembelajaran Di SD Negeri 2 Gombong Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Fkip, 7(3)

Sari, A. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika. Junal Ilmiah Edutic, 1(1), 1–12.

Shara, I. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Tipe Think Pair Share dengan Strategi Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas X IPS SMA N 1 Banyudono.

Wulandari, R. (2011). Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester IV Program Studi D IV Kebidanan Universitas Sebelas Maret.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.