Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2021/2022

Rahayu Okta Viani, Sugiyanto Sugiyanto, Lintang Ronggowulan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan Google Form dengan metode ceramah dan tanya jawab, penggunaan Kahoot dengan metode yang sama, serta penggunaan Kahoot melalui model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Bantul; (2) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan Kahoot dan Google Form melalui metode ceramah dan tanya jawab; dan (3) membandingkan hasil belajar siswa yang memanfaatkan Kahoot melalui pembelajaran berbasis masalah dengan metode ceramah dan tanya jawab. Penelitian menggunakan desain quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara ketiga perlakuan, dengan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak; (2) Kahoot melalui metode ceramah dan tanya jawab lebih efektif dibandingkan Google Form, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,023 < 0,05; dan (3) Kahoot dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif daripada metode ceramah dan tanya jawab, dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05.

Keywords

Efektivitas; Aplikasi Kahoot; PBL; Hasil Pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Damayanti, Nadhira, dan Dewi, Retno. 2021. Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3 No. 4. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.656

Hanifah Unik, dkk. 2020. Peran Teknologi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan. Vol 17 No 2 (1880189) P-ISSN 208-0871. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Irwan, dkk. 2019. Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa [Effectiveness of Using Kahoot! to Improve Student Learning Outcomes]. Jurnal Pendidikan. Vol 8 No 1. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866

Khabidin. 2019. Efektivitas Penerapan Aplikasi Kahoot dalam Mengkondisikan kelas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Pagetan Kabupaten Banjarnegara. Skripsi. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta

Nurul Alifia dan Iqbal Fajar. 2021. Gaya Komunikasi Guru dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Communications. Vol 2 No 1 (43-56). https://doi.org/10.25008/caraka.v2i1.56

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Saguni Fatimah. 2019. Efektivitas Metode Problem Based Learning, Cooperative Learning Tipe Jigsaw, dan Ceramah sebagai Problem Solving dalam Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran. Artikel Skripsi. STAIN. Palu

Wigati Sri. 2019. Penggunaan Media Game Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Vol 8 No 3 (457-464). http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.