Analisis Potensi dan Prospek Pengembangan Objek Wisata Wana Tirta Dander Kabupaten Bojonegoro Tahun 2022

Karimatuz Zuraiza, Ahmad Ahmad, Pipit Wijayanti

Abstract

ABSTRAKPariwisata merupakan salah satu kegiatan yang mempengaruhi perekonomian negara. Setiap daerah di Indonesia mempunyai keanekaragaman wisata yang berbeda-beda berdasarkan karakteristik kondisi fisik, sosial, dan budaya masing-masing daerah yang berbeda-beda. Salah satunya adalah objek wisata Wana Tirta Dander yang terletak di Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Berdasarkan data yang dijadikan acuan, objek wisata Wana Tirta Dander tidak mengalami peningkatan kunjungan wisatawan setiap tahunnya, oleh karena itu peneliti melakukan analisis terhadap potensi dan prospek pengembangan objek wisata Wana Tirta Dander. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan geografis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis potensi objek wisata Wana Tirta Dander Kabupaten Bojonegoro, dan (2) menganalisis prospek pengembangan objek wisata Wana Tirta Dander. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, pengkajian potensi objek wisata yang dilakukan menunjukkan bahwa objek wisata Wana Tirta Dander mempunyai potensi sedang, dimana komponen pariwisata pendukung dan penghambat pengembangan pariwisata seimbang. Kedua, prospek pengembangan objek wisata Wana Tirta Dander yang disarankan penulis adalah dengan meningkatkan pengelolaan objek wisata, meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) sebagai THL (Pekerja Harian), memanfaatkan sumber daya alam terdekat yaitu sungai, dan meningkatkan banyaknya toko oleh-oleh yang ada di objek wisata Wana Tirta Dander. Kata Kunci: Daya tarik wisata, potensi wisata, Komponen 4A pariwisata, pengembangan pariwisata 

Full Text:

PDF

References

Cahyani, Alfin Dwi (2021). Analisis SWOT dalam Proses Pengembangan Objek Wisata Pantai Lombang di Kabupaten Sumenep. Diakses pada 4 September 2022 dari https://www.researchgate.net/publication/352061821

Eka A.H. & Shinta Ratnawati (2020). Pengembangan Pariwisata Melalui Integrasi Perencanaan Sumber Daya Manusia dengan Perencanaan Strategis Objek Wisata Taman Bunga Manohara. Jurnal Jendela Inovasi Daerah. Vol. 3 No. 1 Hal 49-69.

Marjoko. 2010. Analisis Potensi dan Pengembangan Objek Wisata Umbul Ingas di Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret.

Ridwan. 2020. Ekonomi dan Pariwisata. Makassar: Garis Khatulistiwa.

Suliyanto. 2020. Bauran Wisata (Tourism Mix) Objek Wisata Alam dan Objek Wisata Buatan. Banyumas: Universitas Jenderal Soedirman.

Suwena, I Ketut & Wisyatmaja I Gusti Ngurah. 2017. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka Larasan

Tri, Yuliatmi Aning. 2014. Potensi dan Upaya Pengembangan Objek Wisata Pantai Sepanjang di Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul. Skripsi: Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.