Penerapan Model Project Based Learning Berbantu Padlet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS3 Pada Materi Pokok Dinamika Kependudukan Indonesia di SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2021/2022

ayu indah kurnia, Sugiyanto Sugiyanto, Singgih Prihadi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom Action) menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek Penelitian adalah Peserta didik kelas XI IIS 3 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 36 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model project based learning berbantu padlet dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IIS 3 pada materi dinamika kependudukan indonesia. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase pada ranah kognitif nilai ketuntasan peserta didik pratindakan yakni 43%. Pada siklus I sebanyak 17 peserta didik 47% tuntas menempuh KKM. Sedangkan pada siklus II sebanyak 32 peserta didik 89% tuntas menempuh KKM. Pada ranah afektif jumlah peserta didik yang berada dikategori baik pada siklus I sebanyak 36% peserta didik menjadi 100% peserta didik pada siklus II. Pada ranah psikomotorik siklus I memiliki sebanyak 2 kelompok 33% peserta didik tuntas, sedangkan siklus II sebanyak 5 kelompok 84% peserta didik tuntas. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas ini mencapai indikator ketuntasan yang telah ditentukan, yaitu 80%.

Full Text:

PDF

References

Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajardan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Embi, Mohamed Amin. (2011). Web 2.0 Tools in Education: A QuickGuide. Diunduh darihttps://www.scribd.com/doc/58 594601/Web-2-0-Tools-in- Education- A Quick-Guide-by- Mohamed-Amin-Embi. Diakses pada tanggal 3 Januari 2020. Isriani Hardini dan Dewi Puspitasari. (2012). Strategi Pembelajaran Tepadu.Yogyakarta: FAMILIA. Sadirman A.M. (2012) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajawali pers. Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya Wena, Made. (2009). Strategi Belajar Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara. Wiriaatmadja, Rochiati, (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas: untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung: Remaja Rosdakarya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.