Pengembangan Media Augmented Reality dengan Unity 3D dan Vuforia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X IPS SMA Negeri 7 Surakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi tingkat kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran Augmented Reality (AR) pada pokok bahasan Potensi, Persebaran, dan Pemanfaatan Perairan Pedalaman pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Surakarta; (2) menentukan kelayakan pengembangan media berbasis AR untuk pokok bahasan yang sama; dan (3) mengkaji efektivitas media AR dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model Four-D (4D) yang meliputi tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dokumentasi, dan tes, sedangkan analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kebutuhan siswa terhadap media AR diidentifikasi melalui analisis kebutuhan yang mengkaji indikator-indikator seperti kemampuan berpikir kreatif, preferensi media pembelajaran, dan gaya belajar; (2) Media AR dinilai layak untuk digunakan di kelas, didukung oleh skor validasi yang tinggi dari ahli materi dan ahli media, serta respon positif dari uji coba kelompok kecil dan besar; dan (3) Pembelajaran berbasis AR efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, dibuktikan dengan peningkatan rata-rata skor posttest yang signifikan dibandingkan dengan hasil pretest.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azuma. R.T. (1997). A survey of Augmented Reality. Presence, 6 (4), 355-385
Budiharti, J (2014). Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Realistik Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kreativitas SIswa Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia,2(1), 27-41.
Chuang.L. (2016). Increasing learning motivation and student engagement through the technology-supported learning environment. Creative Education,5, 1969-1978
Mua’fii dan Anistyasari (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Jurnal IT-EDU, 4(2), 17-24.
Munandar. U. (1999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Teacher of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.
Refbacks
- There are currently no refbacks.




3.png)
1.png)
1.png)
2.png)

1.png)
