Efektivitas Pembelajaran Geografi Melalui Integrasi Whatsapp Group dan Gnomio Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Surakarta

Yoseph Vido Anggrihar Saputro, Sugiyanto Sugiyanto, Mohammad Gamal Rindarjono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran antara geografi pembelajaran melalui integrasi WhatsApp Group dan Gnomio dengan integrasi WhatsApp Group dan Google Classroom, sehingga nantinya dapat menentukan efektivitas pembelajaran geografi melalui integrasi WhatsApp Group dan Gnomio pada hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji N-Gain, dan Uji T Sampel Independen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest di kelas eksperimen adalah 64,86 dan di kelas kontrol adalah 61,03, sedangkan hasil nilai rata-rata posttest di kelas eksperimen adalah 81,71 dan di kelas kontrol adalah 73,97. Selanjutnya, hasil perhitungan N-Gain di kelas eksperimen memiliki Skor Gain rata-rata 0,4781 dan untuk kelas kontrol memiliki Skor Gain rata-rata 0,225. Hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki indeks perolehan hasil belajar dalam kategori sedang dan kelas kontrol memiliki indeks perolehan hasil belajar dalam kategori rendah, ini mengacu pada tabel kategori efektivitas Skor Gain menurut Hake pada Mchunu Imenda (2015) Selanjutnya, menguji hipotesis pada hasil skor N-Gain menggunakan tes-T Sampel Independen,  yang dari perhitungan tersebut menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,011, sehingga p < 0,05 maka hipotesis Ha dapat diterima, sehingga hasil tes membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran geografi melalui integrasi Whatsapp Group dan Gnomio dengan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran geografi melalui integrasi Whatsapp Group dan Google Classroom pada siswa kelas XI pada SMA Negeri 8 Surakarta.

Full Text:

PDF

References

Muhajir Nasir. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Destyana, V. A., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Classroom dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1000–1009. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Hake R R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision D, Measurement and Reasearch Methodology.

Mchunu, S. P., & Imenda, S. N. (2015). The Effects of Traditional, Outcomes Based Education (OBE) and Blended Teaching Approaches in Alleviating Conceptual Difficulties and Alternative Conceptions in Grade Twelve Mechanics. International Journal of Educational Sciences, 8(2), 333–343. https://doi.org/10.1080/09751122.2015.11890256

Nurjanah, S., Kusuma, Purwa, A., & Deswita. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Maternatika Peserta Didiik rnelalui Virtual Classroorn Menggunakan Google Classroorn dan WhatsApp Group pada Materi Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Al-khairiyah 1 Pagi Jakarta Utara. 304–309.

Ratnasari, D., Ponoharjo., & Utami, W. B. (2020). Penerapaan aplikasi whatsapp terhadap minat dan prestasii peserta didik. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika, 6(2), 129–138.

Robert J. Gregory. (2014). Psychological Testing History, Principles, and Applications seventh edition. In Encyclopedia of Mental Health: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-397045-9.00219-6

A. Muhajir Nasir. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Destyana, V. A., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Classroom dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1000–1009. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Hake R R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision D, Measurement and Reasearch Methodology.

Mchunu, S. P., & Imenda, S. N. (2015). The Effects of Traditional, Outcomes Based Education (OBE) and Blended Teaching Approaches in Alleviating Conceptual Difficulties and Alternative Conceptions in Grade Twelve Mechanics. International Journal of Educational Sciences, 8(2), 333–343. https://doi.org/10.1080/09751122.2015.11890256

Nurjanah, S., Kusuma, Purwa, A., & Deswita. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Maternatika Peserta Didiik rnelalui Virtual Classroorn Menggunakan Google Classroorn dan WhatsApp Group pada Materi Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Al-khairiyah 1 Pagi Jakarta Utara. 304–309.

Ratnasari, D., Ponoharjo., & Utami, W. B. (2020). Penerapaan aplikasi whatsapp terhadap minat dan prestasii peserta didik. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika, 6(2), 129–138.

Robert J. Gregory. (2014). Psychological Testing History, Principles, and Applications seventh edition. In Encyclopedia of Mental Health: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-397045-9.00219-6

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pernbelajaraan Statistika Maternatika rnelalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandernik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Refbacks

  • There are currently no refbacks.