Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai Media Google Earth untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Geografi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Kartasura
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji perbedaan kemampuan literasi geografi peserta didik serta menilai efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning yang dipadukan dengan media Google Earth terhadap literasi geografi pada mata pelajaran Geografi Fase E kelas X SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan Google Earth mampu meningkatkan kemampuan literasi geografi siswa. Berdasarkan analisis data, skor posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model Student Teams Achievement Divisions, dengan rata-rata 81,57 pada kelas eksperimen dan 73,05 pada kelas kontrol. Uji statistik menunjukkan nilai t hitung -6,092 dengan signifikansi 0,000, serta nilai N-Gain sebesar 0,44 pada kelas kontrol dan 0,62 pada kelas eksperimen. Dengan demikian, hasil penelitian menegaskan bahwa model Problem Based Learning yang didukung media Google Earth efektif dalam meningkatkan literasi geografi peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Q. A. (2019). Pembelajaran IPS Berbasis Literasi Geografi Dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 8(2), 26–36. https://doi.org/10.24235/edueksos.v8i2.4372
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Bennett, W. M. (1997). Development of Geographic Literacy in Students with Learning Disabilities.http://offcampus.lib.washington.edu/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=ED418034&site=ehost-live
Edelson, C. Danilel. (2014). National Geographic Education, Geo-Literacy: Preparation for 21st Century Decision Making. Tersedia di http://www.esri.com/library/ebooks/geolearning.pdf
Erwin, W. (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Ar-Ruzz Media.
Hidayani, M. (2018). Model Pengembangan Kurikulum. At-Ta’lim, 16(2), 375–394
Kerski, J. (2019). Six Ways to Increase Geoliteracy. From https://www.esri.com/about/newsroom/wp-content/uploads/2019/01/Six-Ways-to-Increase-Geoliteracy.pdf
Novarlita, I. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Litersi Geografi dalam Upaya Membangun Kecerdasan Ruang Peserta Didik. Bandung: Repository Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Santoso, A., dkk. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Peserta didik SMA. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 6(2), 152–162. https://doi.org/10.29408/geodika.v6i2.5998
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan. 13–28
Refbacks
- There are currently no refbacks.




3.png)
1.png)
1.png)
2.png)

1.png)
