Pengaruh Reading Corner Terhadap Minat Baca Anak Usia 4-5 Tahun di TK ABA Labbaik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan Reading Corner (Pojok Baca) terhadap minat baca anak usia 4-5 tahun di TK ABA Labbaik. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental, yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian melibatkan seluruh anak usia 4-5 tahun di TK ABA Labbaik, yang dipilih melalui teknik non-probability sampling dengan total sampling. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, menggunakan skala Guttman (0 dan 1) untuk penilaian. Uji validitas data dilakukan dengan penilaian ahli dan analisis korelasi menggunakan SPSS, sementara analisis data dilakukan melalui uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Reading Corner berhasil meningkatkan minat baca anak, yang tercermin dalam pembaruan koleksi buku dan terciptanya suasana membaca yang menyenangkan serta interaktif. Beberapa kendala yang dihadapi adalah kurangnya tanggung jawab anak terhadap fasilitas dan gangguan dari anak usia lebih besar yang memengaruhi penggunaan fasilitas tersebut. Solusi yang diusulkan meliputi pendampingan lebih intensif dan penataan ulang fasilitas untuk menjaga keberlanjutan penggunaan Reading Corner. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa Reading Corner merupakan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan minat baca anak usia 4-5 tahun.
Keywords
References
Alifah, M. J. N., Setyawan, P. F., Khusna, P. M. Al, & Luzsanti, D. (2023). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Media Pojok Baca Di Ra Sunan Giri Dan Kb Sunan Giri Desa Ngebruk. Empowerment: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1). Https://Doi.Org/10.51700/Empowerment.V3i1.424
Ama, R. G. T., & Widyana, R. (2021). Konsep Diri Membaca Dan Minat Baca Pada Siswa Sekolah Dasar. Cognicia, 9(1), 6–10. Https://Doi.Org/10.22219/Cognicia.V9i1.14882
Andayani, N. A., Zahroh, A., Al-Bisri, S., & Ali, H. (2023). Peran Taman Baca Dalam Mendorong Minat Baca Anak-Anak Di Kampung Citunjang Desa Mekarwangi. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 3(8), 498–505. http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3350
Arikunto, S. (1998). Pendekatan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. https://scholar.google.co.id/citations?user=ZYhYmFcAAAAJ&hl=en
Baeti Nur Hasanah. (2024). Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Usia Dini Di Tk Negeri Purwokerto Timur Skripsi. Https://Repository.Uinsaizu.Ac.Id/24194/1/Baeti%20Nur%20Hasanah_upaya%20guru%20dalam%20menumbuhkan%20minat%20baca%20pada%20anak%20usia%20dini%20di%20tk%20negeri%20purwokerto%20timur.pdf
Fakhriya, S. D. (2022). Penerapan Metode Shared Reading Untuk Meningkatkan Minat Baca. Indonesian Journal Of Behavioral Studies, 2(2), 89–96. Https://Doi.Org/10.19109/Ijobs.V2i2.14511
Firli, D. (2022). Fiqih Pendekatan Komparatif. Fihros: Jurnal Sejarah Dan Budaya, 6(1), 38–48. https://www.ejournal.staisyekhjangkung.ac.id/index.php/fihros/article/view/19
Hidayat, H., & Amaliah, O. (2022). Estetika Pojok Baca Ruang Kelas Anak Usia Dini. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 23–37. https://doi.org/10.33367/piaud.v2i1.2422
Ikawati, E. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini. Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Diniada Anak Usia Dini, I(02), 1–12. https://doi.org/10.24952/logaritma.v1i02.219
Listyaningrum, E. M., Christina, A., Oktaviani, N., Anggraini, R. A., & Rahmaningtyas, L. (2023). Pembuatan Pojok Baca Dan Dekorasi Ruang Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 2239–2244. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i3.1409
Marlinawati, S. A. (2013). Meningkatkan Minat Membaca Permulaan Melalui Media Buku Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B Tk Pamardisiwi Madureso, Temanggung. Skripsi, 177. https://core.ac.uk/download/pdf/33512764.pdf
Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan. (2016). Dikbud_Majalah_Edisi_6.Pdf. https://jendela.kemdikbud.go.id/
Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Implikasinya Bagi Pembelajaran. Journal Of Psychology Humanlight, 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554
Nayren, J., & Hidayat, H. (2021). Pengaruh Nilai-Nilai Estetika Pada Penataan Pojok Baca Terhadap Minat Baca Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 81–88. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.321
Novia, B. O., & Listiana, A. (2023). Peran Pendidik Anak Usia Dini Berdasarkan Kajian Teori Belajar Sosial Kognitif Albert Bandura. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(3), 333–341. https://doi.org/10.22460/ceria.v6i3.17708
Nurmala, L., Nugraha, A. P., & Mulyono, N. (2024). Analisis Optimalisasi Pojok Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini: Studi Kasus Anak Usia 4-5 Tahun Di Kober Lil Aulad. Jurnal Intisabi, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.61580/itsb.v2i1.49
Ross, S. N. (2006). Albert Bandura. The Praeger Handbook Of Education And Psychology:[4 Volumes], 49. https://books.google.co.id/books?id=C7HOEAAAQBAJ&lpg=PA49&ots=DHJV3BEDao&dq=Ross%2C%20S.%20N.%20(2006).%20Albert%20Bandura.%20The%20Praeger%20Handbook%20Of%20Education%20And%20Psychology%3A%5B4%20Volumes%5D%2C%2049.&lr&hl=id&pg=PA49#v=onepage&q&f=false
Shindi, H. (2021). Pemanfaatan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini Di Tk Pertiwi Desa Wangandalem Brebes. Iain Purwokerto. https://www.scribd.com/document/769559849/Shindi-Huninairoh-Pemanfaatan-Pojok-Baca-Untuk-Meningkatkan-Minat-Baca-Anak-Usia-Dini-Di-TK-Pertiwi-Desa-Wangandalem-Brebes
Sinamo, J., & Herawati, J. (2023). Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini Menggunakan Buku Cerita Bergambar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3). https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/363
Sudarsana, U. (2014). Konsep Dasar Pembinaan Minat Baca. Pembinaan Minat Baca, 1–49.
Sulistiyowati, W. (2017). Buku Ajar Statistika Dasar. Buku Ajar Statistika Dasar, 14(1), 15–31. Https://Doi.Org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7
Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 115–120. Https://Doi.Org/10.33369/Jip.4.2.115-120
Surya, S., & Lubis, I. S. (2019). Studi Kasus Tentang Minat Baca Anak. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni (Sesanti), 524–541. http://eprosiding.fib-unmul.id/index.php/sesanti/article/view/42
Susanti, D. A. (2022). Pentingnya Membangun Minat Baca Pada Anak Sejak Usia Dini. Al Ibtida’: Jurnal Program Studi Pendidikan …, 02, 40–55. Https://Ejournal.Kopertais4.Or.Id/Mataraman/Index.Php/Alibtida/Article/View/5316/3726
Uswatun, K. (2022). Implementasi Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di Sd It Cita Mulia Ajibarang. Uin Prof. Kh Saifuddin Zuhri. https://repository.uinsaizu.ac.id/14546/1/uswatun%20khasanah_implementasi%20pojok%20baca.pdf
Wardhani, D. K. (2015). Meningkatkan Minat Membaca Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Penggunaan Buku Pop Up (Penelitiantindakan Kelas Di Tk Tiara School, Pondok Kelapa, Duren Sawit Jakarta Timur). Universitas Negeri Jakarta. http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1052
Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., Ariyana, I. K. S., Keban, Y. B., Mahartini, K. T., Dafiq, N., & Ayu, P. E. S. (2021). Teori Dan Aplikasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=BSdQEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Windayani,+N.+L.+I.,+Dewi,+N.+W.+R.,+Yuliantini,+S.,+Widyasanti,+N.+P.,+Ariyana,+I.+K.+S.,+Keban,+Y.+B.,+Mahartini,+K.+T.,+Dafiq,+N.,+%26+Ayu,+P.+E.+S.+(2021).+Teori+Dan+Aplikasi+Pendidikan+Anak+Usia+Dini.+Yayasan+Penerbit+Muhammad+Zaini.+&ots=CsU7NQfbJd&sig=uQwPeH-ERyEUzvRDiLuMY0NVmZ4
Xu, W., Xiao, S., & Xu, H. (2021). Investigation Of The Bio-Stimulation Of Children’s Reading Interest By Chromatic Pattern Visual Evoked Potential. Computer Methods And Programs In Biomedicine, 211, 106410. https://doi.org/10.1016/j.cmpb.2021.106410
Yildirim, K., Saygili, M., & Yalcintekin, T. (2021). The Determinants Of Purchase Intention And Willingness To Pay For Cosmetics And Personal Care Products. https://essuir.sumdu.edu.ua/handle/123456789/84321
Zati, V. D. A. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 18–21. https://www.academia.edu/download/86659674/UTS_Manajemen_AUD_Puja_Nofila_Sari_19022111_.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.